Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2021, 23:11 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Sejak awal abad ke-sembilan, para pengrajin di Marseille, Perancis telah membuat sabun yang lembut menggunakan minyak zaitun dan abu alkali dari tanaman laut di Mediterania.

Namun, baru pada tahun 1688 berdasarkan kebijakan Jean-Baptiste Colbert yang disetujui Raja Louis XVI, ditetapkan sabun yang disebut "Savon de Marseille" (Sabun Marseille) adalah yang mengandung setidaknya 72 persen minyak nabati tanpa bahan tambahan hewani.

Secara tradisional, sabun dibuat dengan mencampurkan air laut dari Laut Mediterania, minyak zaitun, dan abu alkali dari tanaman laut bersama-sama dalam kuali besar.

Campuran ini kemudian dipanaskan selama beberapa hari sambil terus diaduk. Campuran dibiarkan hingga siap, lalu dituang ke dalam cetakan dan dibiarkan sedikit mengeras.

Saat masih lunak, sabun dipotong menjadi batangan, dicap, dan dibiarkan hingga benar-benar mengeras. Seluruh proses bisa memakan waktu hingga satu bulan.

Sabun Marseille ini begitu populer sehingga pada tahun 1880-an, jumlah pabrik sabun di wilayah ini mencapai hampir seratus dan pada tahun 1942 ada 132 pabrik sabun di Marseille dan Salon-de-Provence.

Namun kemudian muncul sabun dan deterjen sintetis yang diproduksi secara massal. Sabun jenis baru ini perlahan menggeser sabun tradisional yang sebenarnya lebih sehat dan lebih ramah lingkungan.

Saat ini mungkin hanya ada kurang dari lima pengrajin yang masih membuat sabun Marseille sesuai dengan tradisi berabad-abad lalu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by L'OCCITANE en Provence | ID (@loccitane_id)

Untunglah masih ada pihak-pihak yang peduli pada sabun tradisional ini, termasuk L'Occitane, produsen skincare asal Provence.

Selama beberapa tahun terakhir, L'Occitane telah memikirkan bagaimana agar sabun buatannya berbeda dan memiliki nilai tradisional.

Brand tersebut selalu membuat sabun dengan bahan berbasis tanaman dan kandungan asam lemak 78% hingga 80%, yang bagus untuk kulit. Bahkan beberapa jenis sabun dibuat menggunakan kuali seperti jaman dahulu.

Baru-baru ini L'Occitane bahkan menghidupkan kembali tradisi pembuatan sabun Marseille lewat koleksi Bonne Mere. Sabun ini dibuat dengan setidaknya 78 persen minyak nabati dan diperkaya minyak zaitun dari Provence.

Sabun Bonne Mere dibuat dalam tiga aroma berbeda, yakni The Guest's Soap dengan aroma linden dan jeruk manis yang menghasilkan wangi floral dan manis.

Lalu The Handyman Soap dengan aroma rosemary dan clary sage dengan keharuman kayu yang hangat, serta The Gardener Soap, beraroma rhubarb dan basil yang wanginya fruity menyegarkan.

almond 2 in 1 exfoliating soap L'OccitaneL'Occitane almond 2 in 1 exfoliating soap L'Occitane
Selain itu L'Occitane juga memperkenalkan Almond 2-in-1 Exfoliating Soap, diperkaya dengan minyak almond dari Provence yang aromanya segar.

Sabun yang memiliki kandungan kulit almond ini memiliki dua sisi berbeda, yaitu sisi halus untuk membersihkan dan mengeksfoliasi kulit, serta sisi yang memiliki tonjolan-tonjolan untuk menstimulasi sirkulasi mikro dengan pijatan.

Sabun ini lebih ramah lingkungan karena formulanya mengandung 99 persen bahan yang mudah terurai. Versi lain dari sabun ini juga hadir dengan kandungan shea.

Masih soal sabun, L'Occitane memberi pilihan aroma lain yang selama ini identik dengan produk-produk dari Provence itu, yakni sabun shea verbena yang segar, sabun shea lavender yang aromanya menenangkan, serta shea milk yang lembut.

Nah, mana sabun pilihanmu?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com