Kompas.com - 10/03/2021, 11:28 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Tak ada salahnya mencuci sepatu olahraga dengan bantuan mesin cuci. Hanya saja tata caranya harus tepat agar tidak merusak sepatu kesayangan.

Sepatu olahraga dan sneaker biasanya kerap dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Karena intensitas pemakaian yang tinggi maka sepatu tersebut lebih cepat kotor.

Debu, lumpur dan berbagai noda yang didapat di jalanan kerap menempel dan membuat sepatu tak nyaman dipandang. Kotoran tersebut juga lama kelamaan bisa membuat material sepatu rusak dan kualitasnya berkurang.

Mencuci sepatu secara rutin bisa dijadikan kebiasaan baik agar sepatu lebih tahan lama dan terjaga kebersihannya.

Jika tak punya waktu luang, bisa menggunakan mesin cuci agar lebih praktis.

Baca juga: Tanda Sepatu Olahraga Perlu Diganti

Jenn Lifford, pendiri Clean and Scentsible, brand produk kebersihan rumah ini mengatakan jika sepatu berbahan mesh dan kanvas bisa dibersihkan dengan mesin cuci.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Umumnya sepatu olahraga dan sneaker merupakan campuran bahan kanvas, kulit dan mesh. Karena itu tak ada salahnya memilih cara praktis ini. 

Namun bukan berarti kita serta merta memasukkannya ke mesin begitu saja. Perlu sedikit treatment awal untuk memastikan semua debu sirna.

Agar tak salah langkah, berikut panduan mencuci sepatu dengan mesin berdasarkan penulis buku The Home Decluttering Diet ini:

  • Hilangkan noda dan kotoran dari sepatu

Lakukan ini dengan menyikatnya tanpa air memakai sikat gigi atau sikat khusus sepatu. Cek seluruh permukaan dan bagian dalam sepatu untuk memastikan tak ada yang tertinggal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.