Kompas.com - 12/03/2021, 13:45 WIB
Ilustrasi AppleZoomZoomIlustrasi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ambeien atau wasir memang tidak mematikan, namun penyakit yang satu ini jelas akan membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas.

Penerita wasir akan kesulitan saat duduk atau melakukan aktivitas lainnya. Belum lagi jika  hendak buang air besar, akan terasa sakit di area anus. Bahkan, terkadang ada bercak darah yang keluar bersamaan feses.

Hal ini terjadi karena adanya pembuluh darah yang meradang dan bengkak di sekitar anus atau di rektum bawah.

Dilansir dari Medical News Today, ada dua jenis wasir, yaitu: wasir luar yang terbentuk di bawah kulit dekat anus dan wasir internal yang terbentuk di anus dan lapisan rektal bawah.

Menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK), sekitar 50% orang dewasa di atas usia 50 tahun akan menderita wasir di beberapa titik.

Kerentanan terkena ambeien ini seharusnya menjadi renungan untuk lebih berhati-hati dengan mencegahnya lewat makanan pilihan dan pola hidup yang sehat.

Menurut penelitian, makanan yang berserat tinggi dan rendah lemak, seringkali dapat mengurangi atau mencegah gejala wasir.

Mengapa makanan berserat tinggi bisa mencegah wasir?

Ini disebabkan oleh serat yang dapat meningkatkan berat tinja, serta mengurangi waktu yang dihabiskan tinja di usus besar (waktu transit usus besar).

Serat juga dapat meningkatkan retensi air di usus besar, menghasilkan tinja yang lebih lembut dan lebih mudah keluar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.