Kompas.com - 13/03/2021, 10:00 WIB
ilustrasi kunyit Shutterstockilustrasi kunyit
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Masalah pada perut kerap kali mengganggu kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Beberapa kasus mungkin membuat kita merasa lemas.

Sebelum kita memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter, ada baiknya jika mencoba pengobatan alami di rumah dengan menggunakan kunyit untuk meredakan masalah perut.

Berikut ini terdapat beberapa manfaat kunyit dalam membantu kita mengatasi masalah perut seperti yang dilansir dari laman The Healthy.

1. Meringankan mulas

Banyak dari kita mengalami mulas setidaknya sekali sebulan. Jika kita terus mengalaminya meskipun sudah menghindari alkohol, kafein, makanan berlemak, dan rokok, gunakan kunyit untuk pengobatan alami.

Sebuah studi di jurnal Systematic Reviews menemukan bahwa relawan yang makan satu sendok teh kunyit dua kali sehari, mengalami perbaikan fungsi kerongkongan dan usus besar, serta memulihkannya dari gangguan pencernaan dengan lebih cepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Senyawa ampuh dalam kunyit juga meredakan masalah yang mendasari produksi asam dan empedu yang berlebihan," ungkap ahli nutrisi sekaligus penulis Turmeric for Health, Britt Brandon

"Sehingga, kunyit dapat membantu menghasilkan bakteri baik, meminimalkan bakteri jahat, dan meningkatkan kemampuan usus besar untuk menyerap nutrisi yang bermanfaat," sambung dia.

Baca juga: Dari Jahe hingga Kunyit, Ini 10 Pengobatan untuk Atasi Sakit Mag

2. Membantu pencernaan

Pencernaan adalah proses rumit yang melibatkan mulut yang mengeluarkan air liur, otot kerongkongan untuk memindahkan makanan, dan kandung empedu melepaskan empedu untuk memecah makanan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.