Kompas.com - 22/03/2021, 11:41 WIB
Ilustrasi aquascape dengan menambahkan ikan. SHUTTERSTOCK/BLUR LIFE 1975Ilustrasi aquascape dengan menambahkan ikan.

KOMPAS.com - Aquascape memang bukan hobi yang baru. Namun, hobi ini belakangan semakin dikenal dan digemari terutama ketika memasuki masa pandemi.

Meski tak terbilang baru, namun masih banyak yang belum memahami perbedaannya dengan akuarium biasa (konvensional).

Jadi, apa perbedaan aquascape dan akuarium biasa?

Menurut buku "Pesona Aquascape" yang ditulis oleh Warisno dan Kres Dahana (2011), aquascape sebetulnya tak terlalu berberda dengan seni menata akuarium. Sebab, aquascape memang bagian dari seni akuarium.

Seni ini juga bisa disebut akuarium taman karena lebih menekankan penataan tanaman air sebagai sebuah taman di dalam akuarium.

Meski terlihat sederhana, tapi menata aquascape juga membutuhkan inovasi dan kreativitas, lho. Bagi pehobi aquascape, aktivitas ini menjadi tantangan sendiri.

Nah, jika masih bingung dengan apa perbedaan aquascape dan akuarium biasa, berikut penjelasannya:

1. Aquascape lebih menghadirkan alam

Pada akuarium biasa, umumnya pehobi akan mengisi akuarium dengan pernak-pernik tertentu kemudian memasukkan ikan ke dalamnya.

Sering kali para pehobi akuarium konvensional menggunakan tanaman imitasi untuk mempercantik akuariumnya.

Selain itu, dimasukkan pula alat-alat kebutuhan ikan, seperti filter, lampu dan terkadang heater-cooler.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X