Kompas.com - 31/03/2021, 10:29 WIB

KOMPAS.com – Menstrual cup adalah produk alternatif pengganti pembalut saat haid yang terbuat dari bahan karet atau silikon. Ukurannya cukup mungil, berbentuk seperti lonceng, serta memiliki tekstur yang lentur dan lembut.

Cara menggunakan menstrual cup adalah dengan memasukkannya ke dalam vagina untuk menampung darah menstruasi.

Sebagian wanita, terlebih mereka yang belum menikah, mungkin masih merasa ngeri ketika membayangkan benda asing itu masuk ke dalam vagina.

Kendati demikian, tidak sedikit wanita Indonesia yang sudah berani mencoba menstrual cup dan mulai meninggalkan pembalut sekali pakai.

Hal ini dilakukan guna mengurangi penggunaan pembalut sekali pakai yang berpotensi merusak lingkungan.

Baca juga: Mengenal Fungsi Menstrual Cup yang Bisa Jadi Alternatif Pembalut

National Geographic Indonesia pada Rabu (23/8/2019) menulis, pembalut sekali pakai menyebabkan penumpukan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA).

Selain itu, limbah ini juga mengeluarkan gas metana yang dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Nah, bagi para pemula yang masih khawatir dengan cara pemakaian menstual cup, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan berdasarkan pengalaman pengguna, seperti dilansir Put A Cup In It, Senin (7/9/2020):

1. Memilih menstrual cup

Sebelum membeli menstrual cup, Anda harus memastikan ukuran cup yang sesuai dengan vagina Anda.

Baca juga: Tidur Tanpa Celana Dalam Baik untuk Vagina, Ahli Ungkap Alasannya

Mayoritas terdapat dua pilihan ukuran di berbagai merek menstrual cup, yaitu large (besar) dan small (kecil). Bagi pengguna pertama, dianjurkan untuk memilih ukuran yang kecil.

Selain ukuran, bentuk menstrual cup juga beragam, di antaranya reguler, panjang untuk high cervix, hingga pendek untuk low cervix.

Jika masih bingung, coba kuis di laman https://putacupinit.com/indonesian/ untuk menentukan jenis dan ukuran cup yang paling cocok untuk Anda.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.