Kompas.com - 01/04/2021, 08:53 WIB
Nyeri dada tak melulu disebabkan oleh kondisi yang berkaitan dengan jantung, tetapi bisa pula karena kondisi medis lain, termasuk Gerd. Nyeri dada tak melulu disebabkan oleh kondisi yang berkaitan dengan jantung, tetapi bisa pula karena kondisi medis lain, termasuk Gerd.

KOMPAS.com - Ketika merasakan nyeri dada, kebanyakan orang langsung berpikiran mengalami kondisi yang berkaitan dengan jantung.

Padahal, nyeri dada juga bisa menjadi gejela sejumlah kondisi kesehatan lain, termasuk gastroesophageal reflux disease (Gerd).

Gerd adalah kondisi naiknya (refluks) asam lambung dari perut ke kerongkongan secara kronis.

Refluks asam terjadi karena katup di ujung kerongkongan, tepatnya di bagian sfingter esofagus bagian bawah, tidak menutup saat makanan sampai di perut.

Akibatnya, asam lambung mengalir kembali melalui kerongkongan ke tenggorokan. Penderitanya pun bisa sampai merasakan rasa asam di mulut.

Salah satu gejala refluks asam yang paling umum adalah heartburn. Ini dapat menyembabkan sensasi terbakar di bagian tengah dada tepat di belakang tulang dada atau tulang dada.

Heartburn pada penderita Gerd adalah jenis nyeri dada nonkardiak yang umum terjadi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika serangan jantung adalah keadaan darurat medis yang mengancam jiwa, heartburn tidak demikian.

Oleh karena itu, penting untuk mampu mengenali perbedaan antara nyeri dada kardiak (akibat serangan jantung dan kondisi lain yang nemengaruhi sistem kardiovaskular) dan nonkardiak sejak awal.

Baca juga: Gerd Masih Sering Tak Dikenali, Waspadai Gejalanya

Mengenali nyeri dada karena Gerd

Jika ingin mengenali nyeri dada kardiak dan nonkardiak, cobalah mengidentifikasi tiga faktor berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X