Kompas.com - 09/04/2021, 13:59 WIB
 Ilustrasi vaksinasi. Dok. Shutterstock Ilustrasi vaksinasi.

KOMPAS.com - Ibu menyusui yang memperoleh suntikan vaksin Covid-19 dapat memberikan antibodi kepada bayinya lewat air susu ibu (ASI) selama beberapa bulan setelah divaksin.

Hal itu terungkap dari studi terbaru yang melibatkan lima orang ibu. Dalam studi tersebut, peneliti mendapat sampel dari kelima partisipan berupa sampel ASI beku. Studi ini berfokus pada vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNTech.

Menurut keterangan pers yang dimuat di EurekAlert.org., para peneliti di Washington University School of Medicine di St Louis, Amerika melacak tingkat antibodi di dalam ASI sebelum dosis pertama vaksin diberikan kepada partisipan.

Peneliti juga melacak tingkat antibodi partisipan selama 80 hari berikutnya.

Para peneliti melihat adanya peningkatan kadar antibodi IgA dan IgG setelah dosis pertama vaksinasi diberikan. Kedua antibodi mencapai kekebalan signifikan dalam 14-20 hari setelah pemberian dosis pertama.

Baca juga: Antibodi Baru Terbentuk Hari Ke-28 Setelah Vaksin, Ini Prosesnya

"Penelitian kami menunjukkan peningkatan besar antibodi terhadap virus Covid-19 dalam ASI mulai dua minggu setelah suntikan pertama, dan respons ini dipertahankan selama penelitian kami yang berlangsung hampir tiga bulan."

Begitu kata Jeannie Kelly, MD, penulis studi dan asisten profesor kebidanan dan ginekologi.

"Tingkat antibodi masih tinggi pada akhir penelitian kami, jadi perlindungannya mungkin lebih lama."

Studi tersebut ditinjau oleh ahli lain dan diterbitkan ke dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology.

Studi ini dianggap sebagai studi pertama yang melacak tingkat antibodi dalam ASI beku.

Baca juga: 4 Gejala Covid-19 yang Menunjukkan Antibodi Bertahan Lama

Tim peneliti mengakui, studi itu sifatnya terbatas karena partisipan yang diambil sedikit. Namun, peneliti menyebutkan bahwa temuan tersebut menggembirakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber FOXNEWS
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X