Kompas.com - 13/04/2021, 21:23 WIB
Ilustrasi ibu yang membimbing sang anak menggosok gigi Dok. ShutterstockIlustrasi ibu yang membimbing sang anak menggosok gigi

BANDUNG, KOMPAS.com - Menjaga kesehatan anak sangat penting dalam kondisi apapun, tak terkecuali selama pandemi Covid-19.

Bahkan ada tantangan tersendiri merawat gigi selama pandemi. Yakni bagaimana rutin merawat gigi dan mulut tanpa penularan virus baik ke tenaga kesehatan maupun ke pasien.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran (Unpad), Prof Willyanti Soewondo mengatakan, praktik kedokteran gigi dan mulut anak di tengah pandemi harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

“Perawatan gigi saat ini pun ditekankan pada pencegahan penyakit gigi dan mulut lebih dini atau preventif dentistry,” ujar Willy saat dihubungi Senin (12/4/2021).

Pencegahan secara dini ini meliputi pemeliharaan kesehatan gigi di rumah, seperti menjaga kebersihan gigi dan mulut anak dengan baik dan mengoptimalkan edukasi kesehatan gigi.

Selain itu perlu adanya diet makanan non kariogenik, yaitu dengan mengurangi makanan bergula dan lengket.

Kemudian memperbanyak makanan berserat, seperti buah-buahan yang banyak mengandung air dan sayur-sayuran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kunjungan berkala ke dokter gigi pun perlu dilakukan setiap 3 sampai 6 bulan.

“Untuk anak dengan gigi mulut yang baik biasanya 6 bulan sekali, tapi yang banyak kariesnya dianjurkan interval 3 sampai 6 bulan,” ujar Kepala Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Anak FKG Unpad ini.

Konseling prenatal juga penting dilakukan. Bahkan kesehatan gigi dan mulut saat kehamilan harus mendapat perhatian khusus karena akan berdampak pada kondisi janin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.