Kompas.com - 15/04/2021, 17:07 WIB
Zenith Defy Extreme ZenithZenith Defy Extreme
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Salah satu arloji Zenith yang masuk kategori sport adalah Defy. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2017, Defy 21 adalah jam tangan chronograph Zenith tercepat di dunia.

Jam tangan ini menggunakan mesin El Primero 1969 yang kecepatannya ditingkatkan dari 5Hz menjadi 50Hz dan presisinya dinaikkan sepuluh kali lipat, dari 1/10 detik menjadi 1/100 detik untuk pembacaan chronograph.

Zenith Defy ExtremeZenith Zenith Defy Extreme
Kini, bersamaan dengan acara Watches and Wonders 2021, Zenith meningkatkan kemampuan dan ketangguhan jam tangan tersebut dengan casing titanium dan menyebutnya Defy Extreme.

Seperti pendahulunya, jam ini dikenal karena kemampuan mengukur milidetik, karena mesin yang ditanamkan adalah kaliber El Primero 9004 dari Zenith yang terkenal.

Mesin jam otomatis ini mampu mengukur dengan presisi 1/100 detik. Pembacaan akan terlihat dari jarum detik yang dipasang di tengah yang bisa berotasi penuh dalam satu detik.

Untuk mendapatkan kemampuan ini, Zenith menempatkan dua escapement di jam tangan. Satu, berjalan pada 36.000 vph / 5 Hz mendukung penunjuk waktu, sementara satu lagi pada kecepatan mengesankan 360.000 vph / 50 Hz, yang terhubung ke kronograf.

Baca juga: Zenith Beri tampilan Baru Pada Chronograph Tercepat di Dunia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada Defy Extreme, Zenith juga membuat casingnya lebih kokoh. Casing ini lebih bersudut, dengan tombol push untuk kronograf dibuat lebih menonjol, sekaligus berfungsi secara visual sebagai pelindung crown.

Zenith Defy ExtremeZenith Zenith Defy Extreme
Dengan diameter 45 mm dan tebal 15,40 mm, ini adalah jam tangan berukuran besar, namun tetap dibuat agar ergonomis. Selain itu, sebagai jam tangan untuk kegiatan ekstrim, maka Defy dibuat agar tahan air sampai kedalaman 200 meter.

“Jarum penunjuk berukuran besar dan bisa memendarkan cahaya membuat jam tangan bisa terbaca dalam kondisi sulit," kata Romain Marietta, direktur pengembangan produk Zenith dalam konferensi virtual Minggu (11/4/2021).

Zenith merilis Defy Extreme dalam tiga model. Yang pertama menggabungkan titanium mikroblast dengan dial utama berwarna hitam. Di samping gelang berbahan titanium, jam tangan ini juga dilengkapi dengan velcro dan tali karet, keduanya berwarna hitam.

Model kedua memiliki dial utama berwarna biru, sehingga tampak lebih mewah. Casingnya yang berbahan titanium diberi sentuhan akhir yang dipoles. Model ini juga hadir dengan gelang titanium dan dua tali cadangan, namun warnanya biru.

Model ketiga adalah yang paling menonjol dan tampak paling mewah, karena terdapat kontras yang memikat antara titanium mikroblast dan emas merah muda yang dipoles.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Zenith Watches (@zenithwatches)

Adapun gelang jam Defy Extreme bisa dengan mudah diganti berkat sistem modular di mana kita cukup menekan satu tombol untuk melepas gelang dan menggantinya dengan yang lain.

Bila kamu tidak sayang memakainya untuk kegiatan ekstrim, jam tangan ini bisa diperoleh dengan harga 18.000 dollar AS atau sekitar Rp 263 juta untuk warna hitam dan biru, serta 22.000 dollar AS atau sekitar Rp 321 juta untuk seri emas.

Baca juga: Apa yang Membuat Jam Tangan Zenith Chronomaster Sport Istimewa?



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.