Kompas.com - 16/04/2021, 15:21 WIB
Ilustrasi menyiram tanaman. FREEPIK/FREEPIKIlustrasi menyiram tanaman.

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, berkebun merupakan kegiatan yang mengasyikkan dan bisa melepaskan stres.

Melihat tanaman tumbuh subur dan berwarna hijau memang bisa memberikan kesenangan tersendiri. Tapi terkadang, butuh trik khusus agar kegiatan berkebun menjadi lebih mudah.

Tak bisa dipungkiri, membuat segala sesuatunya lebih mudah dapat menambah kesenangan. Berikut trik dalam berkebun yang mungkin belum diketahui.

1. Lapisi pot dengan filter kopi

Walau tumbuh subur, sesekali tanaman perlu diganti potnya. Memindahkan tanaman ke pot baru adalah pekerjaan yang rumit karena kotoran dan tanah bisa tercecer saat diangkat.

Belum lagi jika akar tanaman tergolong rapuh. Hal ini dapat mengganggu pertumbuhannya.

Maka dari itu, untuk mempermudah pergantian pot, sebelum tanaman ditaruh, lapisi dasar pot dengan filter kopi biasa.

Baru setelah itu isi pot dengan tanah, lalu tanam benih atau tanaman, tepat di atas filter kopi. Cara ini membuat proses pergantian pot menjadi lebih mudah karena mencegah tanah tercecer.

Baca juga: Perlunya Mengganti Pot agar Tanaman Subur

2. Gunakan tali untuk tanaman rambat

Tanaman merambat bisa membuat dekorasi rumah menjadi lebih indah. Namun pertumbuhannya harus dijaga agar tidak terlihat berantakan dan tetap indah.

Halaman:


Sumber Realtor
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X