Kompas.com - 24/04/2021, 12:40 WIB
Ilustrasi minum kopi cherrybeansIlustrasi minum kopi

KOMPAS.com - Self care atau perawatan diri adalah salah satu bentuk cinta kita terhadap diri kita. Dengan merawat diri, kita akan meraih manfaat positif, seperti terbebas dari stres, lebih percaya diri, dan tentunya tidak mudah terpengaruh pendapat negatif orang.

Namun istilah self care sering kali diartikan sebagai memanjakan diri dan egois. Entah itu pergi ke spa, bermalas-malasan, atau berbelanja barang mewah. Padahal bukan itu artinya self care.

"Kita sering melihat pesan perawatan diri dalam iklan ditujukan pada wanita, umumnya sebagai promosi penjualan untuk sesuatu yang tidak kita butuhkan."

Demikian penuturan Sandra Darling, DO, MPH, ahli kesehatan dan pengobatan pencegahan.

"Kita diberi tahu, 'Anda pantas mendapatkannya', jadi masuk akal jika kita mengaitkan praktik perawatan diri dengan memanjakan dan membelanjakan uang."

Baca juga: Berpikir Positif di Tengah Pandemi, Dokter: Dimulai dengan Self Care

Tidak perlu merasa bersalah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Darling menekankan, self care hanyalah nama lain untuk merawat diri sendiri yang penting untuk kesehatan dan kesejahteraan.

"Lebih spesifik lagi, perawatan diri berarti mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan Anda, sesuatu yang sulit dilakukan sebagian besar wanita."

Di saat pandemi, wanita cenderung menjadi pengasuh bagi anak, pasangan, orangtua, teman atau hewan peliharaan.

Oleh karena itu, jika seorang wanita yang tadinya mengurus banyak orang tiba-tiba beralih melakukan self care, wanita tersebut akan dianggap egois.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X