Kompas.com - 29/04/2021, 15:56 WIB
Ilustrasi tetangga, makan bersama tetangga. SHUTTERSTOCK/FIT ZTUDIOIlustrasi tetangga, makan bersama tetangga.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ketika kita tinggal di suatu daerah, kita pasti memiliki tetangga di samping kiri maupun samping kanan rumah kita.

Ada tetangga yang baik, ada tetangga yang menyebalkan, julid, bahkan suka memfitnah seperti pada kasus babi ngepet di Depok beberapa waktu lalu.

Tetangga ini bukanlah sahabat atau saudara, namun tetangga adalah orang terdekat yang akan membantu jika kita mempunyai masalah di rumah.

Karena itu, cobalah menjalin hubungan baik dengan tetangga, sehingga lingkungan tempat tinggal kita lebih aman dan nyaman.

Ini tips mengakrabkan diri dengan tetangga yang bisa kamu coba:

1. Memperkenalkan diri

Di saat kita baru saja pindah ke rumah baru, sebaiknya kita mengunjungi tetangga terdekat untuk memperkenalkan diri.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kita boleh membawa sesuatu untuk diberikan, tidak perlu barang yang harganya mahal, asalkan barang itu pantas diberikan kepada tetangga.

Cara ini akan membuat tetangga memerhatikan kita. Jika nantinya kita membutuhkan bantuan, tetangga tidak segan untuk menolong.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan jika Tetangga Menyebar Gosip tentang Kita

2. Meminta tolong RT dan RW

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X