Kompas.com - 09/05/2021, 14:12 WIB
[Tangkapan Layar] King Tompang, Baju Tradisional Kalimantan Barat Youtube/ Majalah Bobo[Tangkapan Layar] King Tompang, Baju Tradisional Kalimantan Barat

KOMPAS.com - Kuliner bipang ambawang dari Kalimantan Barat jadi topik perbincangan hangat di media sosial belum lama ini.

Makanan ini jadi sorotan setelah Presiden Joko Widodo merekomendasikannya untuk dibeli secara online pada Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) pada 5 Mei lalu.

Sayangnya, pembahasannya bukan soal kelezatannya melainkan kontroversinya. Rekomendasi makanan ini dianggap tidak menghormati umat Islam yang sedang menjalani ibadah Ramadhan.

Bipang, sesuai dengan namanya, merupakan panganan yang terbuat dari daging babi yang dipanggang. Karena itu, kuliner ini haram untuk dikonsumsi oleh muslim.

Baca juga: Bipang Ambawang dalam Pidato Jokowi dan Penjelasan Mendag

Terlepas dari itu, bipang asal Kecamatan Sui Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat ini memang terkenal kelezatannya di dunia kuliner.

Terbuat dari daging babi muda, dibumbui dengan resep tradisional, dan dipanggang dengan arang hingga belasan jam. Tak heran hasilnya begitu menggoda sehingga banyak dicari pecinta gastronomi saat berkunjung ke daerah ini. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain bipang ambawang, sebenarnya ada banyak panganan khas Kalimantan Barat lain yang layak untuk dijajal.

Hal ini tak lain pengaruh dari keragaman warganya yang berasal dari berbagai suku, ras, etnis dan agama.

Baca juga: Startup Kuliner Akan Difasilitasi di Indonesia Spice Up The World

Berikuta adalah lima jenis kuliner khas Kalimantan Barat lainnya yang lezat untuk dinikmati antara lain:

  • Sotong Pangkong

Camilan ini dibuat dari cumi-cumi atau sotong berukuran besar yang dijemur. Setelah kering, makanan ini kemudian dipangkong alias dipukul-pukul sehingga bertambah lebar dan tipis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.