Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Atlet dengan Pendapatan Tertinggi Menurut Forbes, Siapa Saja?

Kompas.com - 15/05/2021, 14:35 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kemampuan luar biasa dari para atlet pada bidangnya masing-masing, rupanya disertai dengan bayaran yang sepadan dengan apa yang bisa mereka lakukan.

Kerja keras, konsistensi, dan prestasi menjadi hal yang dihargai dalam dunia olahraga. Artinya, jika kamu menjadi yang terbaik di suatu bidang olahraga, maka kekayaan akan mengikuti.

Berikut ini adalah daftar atlet profesional dengan bayaran tertinggi di dunia selama 12 bulan terakhir, menurut laporan Forbes yang dikeluarkan Mei 2021.

Daftar resmi Forbes tentang atlet dengan bayaran tertinggi ini mencakup pendapatan di dalam maupun di luar lapangan.

Jadi, selain bayaran yang diperoleh lewat kontrak atau pertandingan, pendapatan ini juga dihitung berdasar sumber lain, seperti iklan dan penjualan produk.

1. Conor McGregor - 180 juta dollar AS

Petarung UFC, Conor McGregor, berpose sebelum duel kontra Donald Cerrone pada laga UFC246 di T-Mobile Arena, Las Vegas, Nevada, pada 18 Januari 2020.AFP/Steve Marcus Petarung UFC, Conor McGregor, berpose sebelum duel kontra Donald Cerrone pada laga UFC246 di T-Mobile Arena, Las Vegas, Nevada, pada 18 Januari 2020.
Meskipun dikalahkan Dustin Poirier di UFC 257 pada bulan Januari lalu, Conor McGregor, petarung MMA asal Irlandia ini berhasil menduduki peringkat tertinggi sebagai atlet dengan bayaran tertinggi dalam kurun waktu 12 bulan terakhir.

Menurut laporan Forbes pada 12 Mei 2021, McGregor mengantongi pendapatan 180 juta dollar atau sekitar Rp 2,56 triliun, kombinasi dari pertarungan, iklan yang dibintanginya, serta yang paling besar adalah penjualan whiskey miliknya, Proper No. Twelve. 

Adapun merek whiskey yang dibangunnya tersebut dijual dengan harga 158 juta dollar AS, menjadikannya atlet ketiga setelah Roger Federer dan Tiger Woods yang menghasilkan lebih dari 70 juta dollar AS di luar lapangan.

Baca juga: Lagi, Conor McGregor Pamer Arloji Jacob & Co Seharga Rp 14 Miliar

2. Lionel Messi - 130 juta dollar AS

Eksrpesi Lionel Messi pada laga pekan ke-36 Liga Spanyol yang mempertemukan Levante vs Barcelona di Stadion Ciutat de Valencia, Rabu (12/5/2021) dini hari WIB.AFP/ JOSE JORDAN Eksrpesi Lionel Messi pada laga pekan ke-36 Liga Spanyol yang mempertemukan Levante vs Barcelona di Stadion Ciutat de Valencia, Rabu (12/5/2021) dini hari WIB.
Berada di urutan kedua, Lionel Messi bintang sepakbola yang memang memiliki banyak penggemar ini dikatakan sempat mengecewakan fans FC Barcelona pada tahun lalu karena keinginannya untuk hengkang dari klub tersebut.

Meski begitu, pria asal Argentina ini tetap menjadi atlet dengan pendapatan tertinggi sekitar 130 juta dollar AS atau senilai Rp 1,8 triliun. Dari jumlah ini, 97 juta dollar AS didapatkan dari lapangan dan 33 juta dollar AS dari sponsor dan pendapatan lain.

Baca juga: Inilah Isi Jet Mewah Lionel Messi, Harganya Capai Rp 229 Miliar

3. Cristiano Ronaldo - 120 juta dollar

Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, pada laga kontra Udinese, Minggu (2/5/2021) malam WIB.AFP/MARCO BERTORELLO Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, pada laga kontra Udinese, Minggu (2/5/2021) malam WIB.
Cristiano Ronaldo menjadi orang pertama di dunia yang mendapatkan 500 juta pengikut di Facebook, Instagram, dan Twitter pada bulan Februari lalu.

Ia juga menjadi pemain bola yang melampaui legenda Brasil Pelé, dalam jumlah gol, yakni  mencetak 770 gol di semua kompetisi, termasuk hattrick dalam kemenangan Juventus atas Cagliari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com