Kompas.com - 25/05/2021, 11:55 WIB

KOMPAS.com - Leeteuk dan Yesung Super Junior memakai batik buatan Jawa Barat.

Batik custom tersebut ternyata buatan Rumah Batik Komar dari Bandung dan desain batik mereka dirancang khusus oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pendiri Batik Komar Komarudin Kudiya menceritakan lebih jauh tentang kolaborasi ini.

Rupanya, tak hanya dari segi desain, namun pemilihan motif dan warna batik juga dilakukan langsung oleh Emil -sapaan Ridwan Kamil.

"Jadi Pak Ridwan Kamil meminta kami menyiapkan batik. Desain sketsanya asli buatan Pak RK. Tapi batiknya Batik Komar. Jadi kami kolaborasi," ujar Komar kepada Kompas.com, Selasa (25/5/2021).

Motif Garuda Kujang Kencana

Baik batik yang dikenakan Leeteuk maupun Yesung sama-sama memiliki perpaduan berbagai motif dan warna.

Menurut Komar, batik dengan bahan katun primisima halus itu memiliki motif utama Garuda Kujang Kencana yang dikombinasikan dengan berbagai motif batik dari Jawa Barat.

"Ini dijadikan salah satu batik unggulan untuk Gedung Sate oleh beliau (Ridwan Kamil)," tuturnya.

Seperti pernah dijelaskan oleh Emil, batik Garuda Kujang Kencana merupakan hasil kolaborasi mantan Wali Kota Bandung tersebut bersama Batik Komar yang didesain pada 2017.

Diberitakan Kompas.com, dari segi desain, motif ini mengusung tema diagonal, mandala, wibawa, religius, sundawi, dan nasionalis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.