Kompas.com - 31/05/2021, 14:31 WIB
Peralatan dapur dari stainless steel memerlukan perawatan khusus agar tetap awet. SHUTTERSTOCK/DAR1930Peralatan dapur dari stainless steel memerlukan perawatan khusus agar tetap awet.

KOMPAS.com - Peralatan dapur dari stainless steel memang terlihat bandel. Namun, bukan berarti peralatan ini tak bisa rusak atau ternoda.

Kabar baiknya, ada noda yang bisa dihilangkan dengan mudah. Misalnya, noda bekas air bisa dihilangkan dengan perubahan cara mencuci.

Namun, beberapa noda mungkin perlu cara pembersihan khusus atau relatif kuat.

Meski begitu, dengan upaya ekstra, kita bisa membuat peralatan masak yang dimiliki tetap dalam kondisi baik dan tampak kinclong.

Melansir the Spruce, berikut cara membersihkan peralatan dapur dari stainless steel yang perlu diperhatikan:

1. Pencucian umum

Hal umum yang perlu kita ingat ketika membersihkan peralatan masak dari stainless steel adalah mencucinya dengan tangan menggunakan air sabun panas.

Setelah itu, pastikan mengeringkannya secara menyeluruh menggunakan kain lembut sebelum disimpan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penggunaan mesin pencuci piring berpotensi memberikan dampak buruk terhadap material stainless steel karena efek deterjen.

Namun jika ingin menggunakannya tanpa menyisakan noda air, pastikan segera mengambil alat dapur dari mesin setelah siklus pencucian, kemudian mengeringkannya dengan tangan.

Baca juga: Jangan Lakukan 7 Hal Ini pada Alat Masak Stainless Steel

2. Noda bekas air

Jika air sadah yang kita gunakan tinggi kandungan kalsium, kita mungkin kan menemukan bekas noda air berwarna putih pada alat masa.

Halaman:


Sumber The Spruce
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.