Kompas.com - 29/06/2021, 20:01 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Ada kalanya kita dihadapkan pada situasi traumatis yang mengguncang emosi. Kita kemudian merasa bingung, terkejut, waspada dan berbagai emosi tak terduga lainnya.

Emosi yang dirasakan itu sebenarnya adalah respon yang normal dari otak kita. 

Kondisi ini adalah sesuatu yang wajar dan dapat ditangani melalui cara-cara yang tepat. Bahkan, kita dianjurkan tahu cara menangani perubahan emosi yang dirasakan utuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

Fuye Ongko, Associate Psychologist di Yayasan Pulih mengatakan setiap manusia memiliki ambang batas toleransi yakni ketika kondisi beban psikologis yang dialami masih mampu diatasi.

Baca juga: 3 Cara Menerima dan Mengatasi Trauma Masa Lalu

Meskipun terkadang muncul perasaan cemas atau stres, ada beberapa individu yang dapat mengelolanya dengan baik. Di sisi lain, orang yang melebihi batasan tanpa mampu mengelolanya bisa memunculkan reaksi yang kurang sehat.

"Reaksi yang muncul seperti hyperarousal dan hypoarousal," terangnya saat webinar bertema Kekerasan Seksual: Perspektif Klinis dan Hukum serta Bagaimana Penanganannya pada Selasa (29/06/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hyperarousa terjadi ketika beban emosional berlebihan sehingga otak memunculkan reaksi aktif seperti perilaku agresif, kecemasan berlebihan dan reaksi cepat untuk melarikan diri.

Sedangkan, hypoarousal merupakan kondisi serupa namun dengan reaksi pasif seperti melamun, menarik diri, dan tidak mau berinteraksi dengan orang lain.

Baca juga: Membentuk Resiliensi untuk Mengurangi Kecemasan

Jika mengalaminya, Fuye menyarankan kita untuk melakukan kegiatan stabilisasi emosi. Tujuannya, agar kita terbantu untuk kembali pada respon adaptif dalam ambang batas tolerasi yang dimiliki.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat membantu individu untuk membentuk Ambang Batas Toleransi yang lebih baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.