Menyiapkan Lansia dan Anak-anak untuk Vaksinasi Covid-19

Kompas.com - 04/07/2021, 12:54 WIB
Ilustrasi vaksin Sinovac diizinkan BPOM untuk digunakan dalam vaksinasi anak di Indonesia, yakni pada kelompok anak usia 12-17 tahun. Hasil uji klinis awal di China menunjukkan, suntikan penguat dosis ketiga vaksin Covid-19 memberikan peningkatan antibodi hingga 10 kali lipat pada anak dalam waktu seminggu. SHUTTERSTOCK/Tatevosian YanaIlustrasi vaksin Sinovac diizinkan BPOM untuk digunakan dalam vaksinasi anak di Indonesia, yakni pada kelompok anak usia 12-17 tahun. Hasil uji klinis awal di China menunjukkan, suntikan penguat dosis ketiga vaksin Covid-19 memberikan peningkatan antibodi hingga 10 kali lipat pada anak dalam waktu seminggu.
Editor Wisnubrata

KASUS Covid-19 semakin hari semakin meningkat, kebijakan sasaran vaksinasi pemerintah sudah semakin diperluas dari lansia sampai dengan anak-anak di atas 12 tahun.

Kita sebagai anggota masyarakat sangat beruntung dan ini merupakan kesempatan emas memanfaatkan setiap sentra vaksinasi terdekat untuk melakukan vaksinasi.

Langkah-langkah persiapan apa saja yang dapat kita lakukan?

Pertama, luangkan waktu dengan memeriksakan kesehatan orang tua dan anak-anak kita.

Orang tua dan anak-anak dengan penyakit-penyakit kronis, seperti jantung, darah tinggi, diabetes, ginjal, asma, gangguan kekebalan tubuh, sebaiknya memeriksakan diri dan melaksanakan terapi sesuai anjuran sampai kondisi terkendali.

Saat sudah terkendali, mintakan surat rekomendasi dari dokter yang merawat apakah sudah layak mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua, berikan informasi dan pengertian yang tepat dengan mencari sumber informasi dari sumber-sumber yang dapat dipercaya.

Carilah informasi dari tenaga kesehatan, baik dokter, perawat atau bidan, ataupun situs web tepercaya seperti Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dinas kesehatan, maupun satuan tugas Covid-19.

Tentunya informasi disampaikan dengan bahasa yang dapat dipahami oleh orang tua dan anak-anak kita.

Yakinkan mereka akan manfaat besar dari vaksinasi Covid-19 ini. Hilangkan rasa takut dan ragu-ragu mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.