Kompas.com - 06/07/2021, 16:32 WIB
Ilustrasi mencuci tangan Getty Images/iStockphotoIlustrasi mencuci tangan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat kita harus lebih berhati-hati dalam memegang benda-benda dan segera mencuci tangan setelah menyentuhnya.

Sebab, mencuci tangan sangat penting untuk tetap menjaga kebersihan tangan dan membatasi perpindahan bakteri, virus, atau kuman lainnya.

Berbagai badan kesehatan pun telah merekomendasikan penggunaan sabun dan air bersih atau hand sanitizer berbasis alkohol untuk membersihkan tangan secara efektif.

Nah, berikut ini terdapat sejumlah daftar benda-benda yang biasanya ditempeli banyak bakteri dan virus, sehingga kita perlu segera mencuci tangan setelah menyentuhnya.

1. Uang tunai

Meski sebagian besar orang saat ini lebih sering menggunakan kartu debit atau pembayaran digital ketika berbelanja, tetapi beberapa tempat masih menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Uang tunai pastinya menjadi salah satu benda yang memiliki banyak kuman, sehingga apabila kita menyentuhnya pastikan untuk mencuci tangan sesegera mungkin.

Para peneliti di New York City juga menemukan ratusan mikroorganisme seperti bakteri dan virus pada uang tunai.

Sementara itu, penelitian serupa telah menunjukkan beberapa uang tunai dan koin bahkan mengandung patogen seperti E. coli dan salmonella.

Baca juga: Benarkah Uang Kertas Bisa Sebarkan Virus Corona?

2. Pegangan tangan atau gagang pintu

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.