Kompas.com - 10/07/2021, 06:00 WIB
Ilustrasi menjaga kesehatan mental sembari tetap aktif menjalankan pekerjaan. ShutterstockIlustrasi menjaga kesehatan mental sembari tetap aktif menjalankan pekerjaan.

KOMPAS.com - Banjir informasi dari media sosial dan tokoh-tokoh nasional mengenai kesehatan jiwa belakangan ini, membuat kata kunci terkait kesehatan jiwa, -seperti kecemasan, depresi, dan trigger-, menjadi familiar.

Seperti dikutip dari siaran pers dari Sehat Jiwa, pembahasan mengenai kesehatan jiwa umumnya berlandas kacamata kuratif.

Pendekatan tersebut lebih menyorot pada "masalah", "penyakit", "gangguan", serta bagaimana mengatasi kondisi-kondisi yang mengganggu.

Baca juga: Cara Mengatasi Perasaan Insecure di Usia 30 Tahun

Namun, ada sisi dari kesehatan jiwa yang belum terlalu diperhatikan, yaitu sisi preventif. Sederhananya, usaha mencegah munculnya masalah kesehatan jiwa.

Selain itu, juga termasuk dukungan pada orang yang memiliki maupun tidak memiliki masalah kejiwaan untuk bertahan di kondisi yang baik (well-being).

Menurut Nur Ihsanti Amalia, Co-Founder Sehat Jiwa & Mental Health & Community Psychology Practitioner dari @sehatjiwa.id, kesehatan jiwa merupakan sebuah kondisi yang naik turun.

Sehat Jiwa dan Bahagia sendiri merupakan sebuah usaha sosial yang mendasarkan kegiatannya pada pikiran bahwa semua jiwa berharga, berhak untuk bahagia dan bisa berdaya dalam kehidupan.

"Yang perlu diperhatikan, bisa dimulai dari step kecil. Kenali diri sendiri dulu. Apalagi kalau usia milenial adalah usia produktif, kegiatan seabrek, banyak banget, dan banyak yang ingin dicoba."

Demikian penuturan Nur dalam perbincangan "Pentingnya Investasi Kesehatan Jiwa untuk Millennial" di akun Instagram @my.kindoflife, Senin (31/5/2021) lalu.

Baca juga: Usia 30an Rentang Hidup Paling Bahagia, Benarkah?

Usia produktif ini, lanjut Nur, adalah saat tepat menjaga dan berinvestasi pada kesehatan jiwa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.