Kompas.com - 21/07/2021, 17:54 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Agar anak tumbuh sehat dan cerdas, orangtua wajib memantau tumbuh kembang anak. Dengan demikian jika ada keterlambatan tumbuh kembangnya bisa segera diatasi.

Pemantauan pertumbuhan yang harus dilakukan sejak bayi lahir sampai balita antara lain berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, serta perkembangan kemampuan motorik halus dan kasarnya.

Setiap tumbuh kembang anak sebaiknya dicatat. Saat ini ada banyak buku panduan untuk memudahkan orangtua. Yang terbaru adalah Buku Saku #BundaBangga yang mudah digunakan.

Buku Saku #BundaBangga adalah buku panduan digital mengenai tumbuh kembang anak yang diproduksi oleh Dancow dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI. 

"Buku saku ini lebih mudah digunakan karena memakai bahasa sehari-hari," kata Pritha, VP Category Marketing Manager Nestlé Dancow Susu Pertumbuhan dalam acara Peluncuran Buku Saku #Bunda Bangga pada Rabu (21/7/2021).

Baca juga: Tidur Berkualitas Bikin Tumbuh Kembang Anak Optimal, Ini Penjelasannya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peluncuran Buku Saku #BundaBangga hasil kerjasama Nestlé DANCOW Nutritods bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang dilakukan secara virtual (21/7/2021).Dok Dancow Peluncuran Buku Saku #BundaBangga hasil kerjasama Nestlé DANCOW Nutritods bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang dilakukan secara virtual (21/7/2021).

Selain buku saku, diluncurkan juga edukasi dan sosialisasi manfaat Bunda Bangga kepada lebih banyak keluarga di Indonesia.

Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan dan Lingkungan Kementerian PPPA, Rohika Kurniadi Sari mengatakan, menyambut inisiasi kampanye Bunda Bangga dari Nestlé DANCOW Nutritods sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh orangtua dalam memberikan lingkungan terbaik bagi anak untuk berkembang dan bereksplorasi.

Pritha mengatakan, selain bahasa yang lebih mudah, buku saku ini memiliki isi yang cukup padat. Tidak hanya berfokus pada tumbuh kembang anak, namun ada beberapa tips dari para ahli.

"Selain ada daftar capaian (milestone) tumbuh kembang bagi anak usia 1-5 tahun, ada berbagai tips dari para ahli juga, mulai dari nutrisi hingga pola asuh. Kita juga ada tips dari para ahli untuk mencapai milestone-milestone itu" kata Pritha.

Baca juga: Stimulasi Fisik bagi Anak di Masa Pandemi, Begini Caranya...

Orangtua tinggal mencentang daftar milestone itu untuk memantau apakah perkembangan anak sudah sesuai.

Selain itu, orangtua juga bisa mendapatkan tips seputar parenting

"Ada juga tips agar para Bunda bangga pada anak-anaknya. Jadi misalnya, 'bagaimana cara memberikan pujian bagi anak.' Intinya sih lebih mirip pelengkap dari buku panduan dari IDAI " tambah dia.

Buku saku ini bisa digunakan oleh siapa saja dan bisa didapatkan dengan mengunduhnya secara gratis dari tautan berikut ini. 

Baca juga: Orangtua Sering Membentak Anak, Ini 6 Dampak Buruknya



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X