Kompas.com - 27/07/2021, 13:16 WIB
Ilustrasi kulit berjerawat akibat masker. SHUTTERSTOCK/ANN PATCHANANIlustrasi kulit berjerawat akibat masker.

KOMPAS.com - Istilah "maskne" atau mask acne sudah sering kita dengar di masa pandemi. Maskne adalah jerawat yang muncul karena penggunaan masker.

Sejumlah kebiasaan buruk saat memakai masker dapat membuat wajah lebih rentan berjerawat, seperti jarang mengganti masker, tidak merawat kulit dengan baik, hingga menggunakan masker yang kotor atau bahan yang tidak memungkinkan kulit untuk bernapas.

Mengutip BBC, gesekan terus-menerus antara kulit dan masker akan menyebabkan robekan mikro pada kulit kita. Kondisi ini menyebabkan bakteri dan kotoran mudah menyumbat di pori-pori wajah.

Pada akhirnya, penggunaan masker sehari-hari dapat memicu peradangan, kemerahan, hingga jerawat di area dekat hidung dan mulut jika tidak disertai perawatan kulit yang tepat.

Brand kecantikan lokal, Kaila, membagikan lima cara mencegah jerawat akibat sering memakai masker, antara lain:

1. Memastikan kulit terhidrasi

Sebelum mengenakan masker, pastikan kulit wajah kita sudah cukup terhidrasi dengan menggunakan rangkaian produk perawatan kulit favorit.

Kaila mencontohkan produk Kaila Micellar Hydrating Water sebagai pengganti toner di pagi hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kandungan Niacinamide dan Antibacterial Agent di dalamnya diklaim mampu menghidrasi, melembapkan, mempersiapkan kulit, termasuk sebelum makeup, dan melindungi kulit wajah dari bakteri jahat.

Menggunakan tabir surya juga dapat memberikan perlindungan ekstra pada kulit kita, terutama ketika hendak pergi ke luar rumah. Pastikan kita juga menggunakan pelembap wajah secara rutin untuk menjaga hidrasi kulit.

Baca juga: Membedakan Wajah yang Lembap dan Berminyak

2. Hindari menggunakan makeup tebal

Usahakan agar tidak menggunakan makeup yang terlalu tebal saat memakai masker.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.