Kompas.com - 31/07/2021, 15:11 WIB
Ilustrasi meniran, herbal yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. SHUTTERSTOCK/Young Swee MingIlustrasi meniran, herbal yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat orang-orang lebih fokus menjaga kesehatan dan sistem imun tubuh dengan menggunakan berbagai macam produk. Tak terkecuali, dengan menggunakan tanaman herbal.

Sejumlah tanaman herbal memang telah lama dipercaya dapat mencegah penyakit, meningkatkan sistem imun tubuh, dan bahkan membuat lebih awet muda.

Dosen sekaligus peneliti tanaman herbal, Dr Fenny Yunita, MSi, PhD mengatakan, di China, tanaman herbal sudah mulai dipakai untuk meningkatkan sistem imun dan mempercepat proses penyembuhan pasien Covid-19.

"Pada pasien Covid-19 di China, pengobatan tradisional yang menggunakan herbal bisa menstabilkan saturasi oksigen, sehingga mencegah terjadinya happy hypoxia."

Baca juga: Apa itu Happy Hypoxia, Gejala, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Demikian penuturan Fenny dalam webinar Perkumpulan Disiplin Herbal Medik Indonesia (PDHMI) melalui aplikasi Zoom, Jumat (30/7/2021) kemarin.

"Selain itu, obat-obatan herbal juga dapat mempercepat penyembuhan pasien Covid-19 tanpa ada gejala lanjutan atau long covid," lanjut dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fenny pun mengungkapkan, sejumlah tanaman herbal yang digunakan dalam pengobatan tradisional tersebut dapat dengan mudah ditemui di Indonesia.

Ada pun tanaman-tanaman herbal tersebut antara lain adalah sambiloto (andrographis paniculata), meniran (phyllanthus urinaria), akar manis (licorice), dan lain sebagainya.

Menurut dia, sambiloto bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan pasien Covid-19 dengan tingkat yang sedang hingga kritis. Sebab, tanaman ini mengandung antioksidan.

"Antioksidan di dalam sambiloto berfungsi mendinginkan penyakit-penyakit yang memicu peradangan atau inflamasi seperti Covid-19, dan juga bisa membuat kita lebih awet muda," ungkap dia.

Baca juga: Dongkrak Daya Tahan Tubuh dengan Meniran

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.