Kompas.com - 20/09/2021, 05:43 WIB
keramas alias mencuci rambut adalah kebiasaan sehat. Namun kita harus lebih memerhatikan kapan waktu yang tepat untuk mencuci rambut. FREEPIK/JCOMPkeramas alias mencuci rambut adalah kebiasaan sehat. Namun kita harus lebih memerhatikan kapan waktu yang tepat untuk mencuci rambut.

KOMPAS.com - Tinggal di Indonesia yang beriklim tropis membuat tubuh dan kulit kepala kita gampang merasa gerah.

Kebanyakan orang cenderung keramas dua hari sekali, apalagi bisa setiap hari jika kulit kepala mudah berminyak akibat cuaca panas.

Ada juga orang yang hanya keramas 1-2 kali seminggu. Nah, sebenarnya, berapa kali rambut harus dicuci?

Baca juga: Rekomendasi Frekuensi Keramas Berdasarkan Jenis Rambut

Dokter kulit Joshua Zeichner, bersama Elizabeth Hughes, dokter kulit yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat, serta penata rambut selebritas Adir Abergel, memaparkan pemahaman mereka terkait hal ini.

Intensitas keramas atau mencuci rambut

Banyak ahli menyarankan untuk keramas setiap 2-3 hari sekali. Intensitas ini tergantung dari jenis rambut dan kebutuhan kulit kepala individu.

Individu yang berambut ikal atau memiliki tekstur tertentu dianjurkan untuk keramas tidak lebih dari sekali dalam waktu 1-2 minggu, menurut American Academy of Dermatology.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika pemilik rambut bertekstur atau rambut ikal keramas lebih dari sekali dalam kurun waktu seminggu, rambut dapat mengalami kekeringan dan kerusakan, kata Zeichner.

Rambut yang dirawat dengan bahan-bahan kimia juga sebaiknya tidak dicuci terlalu sering.

Hughes menganjurkan individu yang menggunakan bahan kimia dalam perawatan rambut agar keramas setidaknya dua hari sekali.

Langkah itu diperlukan Demi melindungi kutikula atau bagian terluar batang rambut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.