Kompas.com - 21/09/2021, 16:33 WIB
Founder unkl347 dan Dendy & Darman Studio, Dendy Darman saat wawancara program Beginu di studionya di Bandung, Senin (13/9/2021). KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOFounder unkl347 dan Dendy & Darman Studio, Dendy Darman saat wawancara program Beginu di studionya di Bandung, Senin (13/9/2021).
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Banyak yang mengatakan bahwa kesuksesan datang dari sebuah rencana yang matang.

Namun Dendy Darman, pendiri dari salah satu brand distro asal Bandung, unkl347, sekaligus pendiri dan perancang dari Dendy Darman Studio (DDS), bisa tetap sukses tanpa rencana. Bahkan, kini ia telah berhasil membangun rumah untuk teman-temannya.

Gak pernah punya rencana. Dari dulu nggak pernah punya rencana,” ujarnya dalam wawancara bersama Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho dalam program Beginu di kanal YouTube Kompas.com.

Dendy yang kini telah terjun ke dunia desain dan arsitektur hunian bersama DDS ini mengatakan bahwa sejak muda, dirinya selalu bekerja dengan perasaan, tanpa ada perhitungan.

Kendati demikian, di usianya yang akan menginjak 50 tahun, Dendy mengatakan kalau ia mulai memikirkan tentang manajemen dan perencanaan bagi perusahaan yang didirikannya,

“Harus bisa adaptasi dan tahu diri aja sih. Manajemen kan dibutuhkan untuk sustainability,” katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, di umurnya yang tak lagi muda, sudah cukup banyak yang tidak bisa lagi dilakukannya, termasuk melakukan sesuatu tanpa perencanaan.

“Hidup tanpa perencanaan berisiko kalau udah tua. Selama masih muda, ya gue menganut tanpa rencana. Sebab tanpa rencana itu ceritanya lebih banyak dan nggak bisa lo tebak,” ujarnya.

Dendy juga mengakui, selain untuk lebih menyayangi dirinya di usia yang tak lagi muda, memulai meninggalkan hidupnya yang semula tanpa perencanaan itu dilakukannya demi rekan-rekan kerjanya.

Ia juga mengumpamakan kalau sewaktu muda, ia seperti sebuah mobil kecil yang ringkas, sementara di umurnya kini, ia merasa menjadi sebuah bus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.