Kompas.com - 23/09/2021, 11:21 WIB
Menjaga baju tetap bersih terutama pada bagian ketiak memerlukan usaha tersendiri. PEXELS/John Diez Menjaga baju tetap bersih terutama pada bagian ketiak memerlukan usaha tersendiri.

KOMPAS.com - Noda pada bagian ketiak di pakaian -terutama yang berwarna putih, kerap kali menjadi sumber ketidaknyamanan dalam berpenampilan, hingga bisa melunturkan kepercayaan diri. 

Sayangnya, noda ketiak semacam ini tergolong sulit untuk dihindari, kecuali kita adalah orang yang sangat teliti dalam menjaga kebersihan pakaian.

Noda semacam ini bukan hanya akibat penumpukan keringat semata. Namun, bisa pula muncul dari reaksi kimia antara kulit dan kandungan aluminium dari sebagian besar produk anti-keringat.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Meskipun demikian, cara terbaik untuk meminimalkan kerusakan baju adalah dengan membilas bagian kemeja yang terkena keringat segera setelah kita melepasnya.

Dengan cara ini reaksi akibat kombinasi keringat dan deodoran mengering dan mengendap di kain, dapat diminimalkan.

Selain itu, kita pun juga mencegah noda tersebut dengan memilih deodoran yang tepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama, ada baiknya kita mulai beralih ke deodoran yang bebas aluminium. 

Baca juga: Tips Menghilangkan Noda Ketiak di Baju Berwarna Gelap

Kedua, biarkan produknya menyerap dan mengering terlebih dahulu sebelum dibalut dengan pakaian untuk mencegah noda menempel pada baju.

Ketiga, Stephanir Cyekovic, penulis dari Expert Home Tip menyarankan untuk mengaplikasikan bedak tipis-tipis pada deodoran sebelum berpakaian.

Hal ini dapat menjaga daerah ketiak tetap kering, menyerap kelembapan, dan mengurangi noda keringat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.