Kompas.com - 21/09/2021, 11:32 WIB
Sebelum mencari cara menghilangkan bau ketiak, ketahui dulu penyebabnya. SHUTTERSTOCKSebelum mencari cara menghilangkan bau ketiak, ketahui dulu penyebabnya.

KOMPAS.com - Bau ketiak yang berlebih sangatlah mengganggu kepercayaan diri, meskipun hal ini sebetulnya umum dialami oleh kebanyakan orang.

Sebagian orang menggunakan deodoran atau parfum sebagai salah satu cara menghilangkan bau ketiak. Namun, cara itu ternyata tak selalu berhasil.

Penyebab bau ketiak

Bau ketiak berasal dari keringat berlebih. Melansir Medical News Today, berkeringat adalah fungsi tubuh yang normal dan merupakan cara tubuh menurunkan suhu tubuh sehingga tak kepanasan.

Ada sekitar 2-4 juta kelenjar kerringat di tubuh kita. Sebagian besar di antaranya adalah kelenjar keringat ekrin, sementara lainnya adalah kelenjar keringat aopkrin.

Kita memiliki banyak kedua jenis kelenjar keringat ini di ketiak.

Ada beberapa penyebab munculnya keringat. Misalnya, ketika kita berolahraga, kelenjar keringat akan mengeluarkan keringat yang menguap dan mendinginkan tubuh.

Stres dan emosi yang intens juga bisa membuat seseorang berkeringat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelenjar ekrin mengeluarkan cairan bening yang tidak berbau. Namun, jika mengering di kulit, itu bisa berbau.

Sedangkan kelenjar apokrin mengeluarkan cairan kental yang berbau ketika bercampur dengan bakteri pada kulit.

Kelenjar keringat menjadi lebih aktif baik pada pria maupun wanita selama masa pubertas. Akibatnya, biasanya remaja mulai merasakan bau ketiak padahal sebelumnya tidak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.