Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/04/2024, 19:11 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Hari Raya Idul Fitri menjadi momen untuk bersilahturahmi dengan keluarga dan kerabat. 

Seringkali, momen silahturahmi dilengkapi dengan sajian beragam santapan tinggi kalori, sehingga rentan meningkatkan berat badan.

Maka, penting untuk memerhatikan asupan makanan dan minuman selama Lebaran untuk menjauhkan diri dari potensi penyakit dan berat badan tetap ideal.

Praktisi kesehatan masyarakat sekaligus Kasie Pelayanan Medik dan Kepercawatan RSUD Tamansari Jakarta, dr. Ngabila Salama membagikan sejumlah tipsnya, seperti dilansir dari Antara.

Baca juga:

Tips menjaga berat badan ideal selama Lebaran

1. Tidak makan secara berlebihan

Banyaknya makanan dan minuman yang disajikan selama Lebaran membuat kita sangat rentan makan berlebih. Maka, pastikan dapat mengontrolnya.

Ngabila menyarankan untuk mencoba masing-masing makanan dan minuman hanya dalam porsi kecil.

Baca juga: 5 Rekomendasi Model Baju Lebaran 2024 buat Couple

Usahakan piring terisi dengan setengah porsi lauk pauk dan karbohidrat, kemudian sayur dan buah. Perbanyak konsumsi sayur dan buah dalam sehari.

“Upayakan sayur dan buah bisa lima porsi per hari ya. Tiga kali saat makan besar dan dua kali sebagai snack di antara makan besar,” ujarnya.

2. Menghindari makanan dan minuman tinggi GGL

Selain mengontrol asupan makanan agar tidak berlebih, pastikan pula menghindari makanan tinggi gula, garam, dan lemak (GGL).

Adapun beberapa makanan dan minuman tinggi GGL antara lain santan, minyak, mentega, tepung-tepungan, kue, minuman kemasan, hingga soda.

Baca juga: Bawa Uang Rp 100.000 ke Jakarta Lebaran Fair Dapat Apa?

Ia mengingatkan, makanan tinggi GGL memang nikmat, tetapi hanya sesaat. Penting untuk memastikan asupan tetap terkontrol.

3. Rajin memantau berat badan

Untuk memantau berat badan, disarankan agar rajin memantau berat badan.

Bagi penderita komorbid dan berusia lebih dari 40 tahun dapat melakukan pemantauan berkala setidaknya tiga hari sekali, termasuk tekanan darah, gula darah, dan kolestrol.

Baca juga: 3 Tips Mix and Match Dress Shimmer untuk Lebaran 2024

4. Memperbanyak aktivitas fisik

Semakin banyak mengonsumsi makanan, masyarakat disarankan untuk memperbanyak aktivitas fisik seperti berjalan ringan 6.000 hingga 8.000 langkah per hari dan menaikkan jumlah langkah secara bertahap.

Kita juga bisa melakukan peregangan selama di perjalanan atau lokasi mudik selama 10 hingga 15 menit, sekalipun dalam kondisi duduk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com