Kompas.com - 26/09/2021, 09:59 WIB
Ilustrasi handuk mandi Ilustrasi handuk mandi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Mencuci handuk dengan benar tidak hanya membantu menjaganya tetap bersih dan bebas bau, tetapi juga akan memperpanjang umur handuk, sehingga kita tidak perlu terburu-buru beli yang baru lagi.

Selain itu, cara mencuci yang benar pun dapat menjaganya tetap dalam kondisi prima alih-alih membiarkannya menjadi compang-camping, kusut, dan menyebabkan gatal seiring bertambahnya usia.

Selain mencuci dengan benar, Philip Tierno, PhD, profesor klinis patologi dan mikrobiologi di NYU Grossman School of Medicine, dan Chuck Gerba, PhD, profesor mikrobiologi di University of Arizona menyarankan untuk mencucinya setiap dua hingga tiga hari.

Handuk yang terlalu lama tidak dicuci akan membuat bakteri menumpuk di handuk kita, membuatnya kotor, berbau, dan berbahaya bagi kesehatan.

"Jika kita rentan terhadap jerawat, kita mungkin perlu mencuci handuk setiap kali menggunakannya, daripada menunggu satu atau dua hari di antara waktu mencuci," kata Tierno.

Pasalnya, saat kita mengelap kulit, terutama saat pori-pori terbuka, bakteri dari handuk bisa masuk ke kulit dan menyebabkan jerawat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Waktu Ideal Mencuci Handuk Mandi, Habis Dipakai Berapa Kali?

Mengapa penting untuk mencuci handuk secara teratur?

Selain membuat handuk kita menjadi segar dan bersih, para ahli mengatakan mencucinya secara teratur sangatlah penting karena beberapa alasan.

1. Mengurangi pertumbuhan dan penumpukan bakteri

Ketika mencuci, kita memang menghilangkan beberapa bakteri. Tetapi beberapa bakteri akan menempel di handuk saat kita menggunakannya. Begitu bakteri itu ada di sana, mereka akan mulai berkembang biak.

"Bakteri terus menumpuk saat kita menggunakan handuk lagi hari demi hari," kata Gerba.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.