Kompas.com - 30/09/2021, 11:36 WIB
Ilustrasi makanan yang mengandung kolagen seperti sarang burung walet ddukangIlustrasi makanan yang mengandung kolagen seperti sarang burung walet
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Saat ini, kolagen semakin sering ditemukan dalam berbagai produk, mulai dari produk kosmetik hingga makanan layaknya sup atau krimer kopi.

Kepopulerannya ini kemungkinan besar karena kolagen disebut-sebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit, seperti membuat kulit lebih elastis dan terhidrasi.

Namun, apakah itu benar? Atau hanya sekadar hype?

Untuk mengenal kolagen dan manfaat konsumsi suplemen dengan kolagen lebih dekat, simak paparan dari Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD, penulis The Sports Nutrition Playbook, berikut ini.

Apa itu kolagen?

Menurut Goodson, kolagen adalah protein utama yang diproduksi oleh tubuh dan dapat ditemukan di beberapa bagian kulit, ligament, tendon, dan otot. Perannya juga cukup penting, yaitu memperkuat kulit dan membuat kulit lebih elastis serta terhidrasi.

Tak hanya itu, menurut Harvard School of Public Health, kolagen yang diproduksi oleh tubuh bertanggung jawab dalam membuat dan memelihara kesehatan jaringan tubuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, meski tubuh selalu berusaha keras untuk memproduksi kolagen sendiri, kadar kolagen dalam tubuh bisa berkurang seiring waktu berjalan.

“Seiring bertanbahnya umur kita, produksi kolagen tubuh semakin berkurang dan berpotensi membuat kult kering, kerutan, dan tidak terlalu elastis,” ujar Goodson.

Baca juga: 5 Cara Alami Meningkatkan Produksi Kolagen pada Kulit

Cara mendapatkan kolagen

Karena semakin bertambahnya usia membuat produksi kolagen tubuh berkurang, sebaiknya kita mencari asupan kolagen tambahan. Berikut ini ada beberapa cara mendapatkan asupan kolagen dari luar.

Mengonsumsi makanan kaya kolagen

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.