Kompas.com - 02/10/2021, 11:21 WIB

KOMPAS.com - Selama memasuki masa kehamilan, seorang wanita pasti akan mengalami banyak perubahan secara fisik dan emosi yang terjadi secara alami.

Dari banyaknya perubahan tersebut, yang paling mudah terlihat adalah perubahan kulit di bagian abdomen atau sekitar area perut karena adanya perubahan ukuran rahim yang membesar.

Hal ini juga menyebabkan kulit di sekitar area perut lebih kering, dan memungkinkan timbulnya stretch mark atau guratan-guratan halus yang muncul di kulit.

Baca juga: Ketahuilah, 4 Cara Menyamarkan Stretch Mark Usai Melahirkan

Bagi sebagian besar ibu hamil, munculnya stretch mark dapat menjadi kekhawatiran tersendiri karena dapat mengubah penampilan kulit dan menurunkan rasa percaya diri.

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi di Rumah Sakit Satya Negara Jakarta, Dr Ferry Darmawan, SpOG, mengatakan, stretch mark normal muncul pada ibu hamil, dan guratan halus ini juga bisa dihilangkan.

"Sebanyak 70 persen stretch mark munculnya di area perut, dan beberapa lainnya ada di bagian payudara, paha, dan bokong," kata dia dalam acara virtual peluncuran Momami Mom, Jumat (1/10/2021) kemarin.

"Tapi, ibu hamil tidak perlu khawatir karena stretch mark tetap bisa diusahakan untuk hilang jika kita rutin melakukan perawatan," sambung dia.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Menggaruk Kulit saat Menstruasi Picu Stretch Mark

Menurut Dr Ferry, rata-rata orang Asia yang memiliki warna kulit putih cenderung lebih banyak yang berpotensi menimbulkan stretch mark daripada yang berkulit sawo matang.

Ada pun stretch mark dapat muncul di permukaan kulit sebagai garis hitam (linea nigra) dan garis agak putih (linea alba).

Hampir 50 persen guratan halus ini bisa menghilang seiring berjalannya waktu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.