Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/10/2021, 20:30 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dapur merupakan area dalam rumah yang relatif lebih sering kotor akibat kegiatan memasak atau tumpahan makanan. Demikian juga dengan lantainya yang kerap berminyak jika kita malas membersihkannya setelah memasak.

Dapur yang jarang dibersihkan juga bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri dan kuman. Jadi, setelah selesai memasak, bersihkan seluruh peralatan memasak, termasuk permukaan meja, hingga lantai.

Para ahli mencatat apa saja yang perlu diperhatikan dalam membersihkan lantai dapur, mengutip laman Martha Stewart.

1. Lantai keramik atau ubin

Jika saat ini kita tinggal bersama anak atau hewan peliharaan, lantai dapur harus dibersihkan setiap hari, kata Rochelle Wilkinson, pemilik layanan Dirt Detectives Cleaning.

Rutin membersihkan dapur juga akan mengurangi tenaga kita saat melakukan pembersihan mendalam.

Baca juga: Antilicin, Ini 8 Pilihan Keramik Lantai Dapur Terbaik

2. Lantai kayu

Jika lantai keramik harus sering dibersihkan, jangan perlakukan lantai kayu dengan cara yang sama.

Lantai kayu hanya perlu dibersihkan sekali seminggu agar lapisan kayu tidak mengalami kerusakan.

"Lantai kayu tahan lama, tetapi sensitif," kata Krystle O'Brien, pemilik My Pristine Clean.

Dia menyarankan untuk menggunakan kain pel kering atau mesin penyedot debu untuk lantai kayu, sebelum dibersihkan dengan pel datar.

Baca juga: Tak Ribet, Ini 7 Trik Menata Dapur Kecil tapi Rapi dan Nyaman

3. Pembersihan mendalam

Wilkinson mengatakan, untuk membersihkan lantai dapur secara optimal, kita bisa berlutut dan menggosok lantai yang terkena noda dengan sikat atau menggunakan pel dan ember.

Kita bisa menggunakan pembersih khusus yang dijual di pasaran atau membuat campuran sendiri, misalnya memakai baking soda dengan air hangat. Gosok dengan sikat hanya pada bagian yang nodanya sulit dibersihkan dengan pel biasa.

4. Metode top down

Lemari dan meja dapur juga perlu sering diperhatikan, maka dari itu kita harus membersihkan dua spot tersebut dari atas, bawah. Cara ini berlaku untuk tempat-tempat di bawah lemari dan meja dapur.

Area atas rak dapur bisa kita bersihkan dengan pel basah atau divakum agar debunya tidak beterbangan. Lakukan rutin agar debu tidak terlanjur menumpuk.

Kebiasaan kita memasak juga berpengaruh pada kebersihan lantai dapur. Karenanya biasakan memasak dengan efisien. Usahakan untuk menggunakan tutup panci saat menggoreng dengan minyak banyak atau meletakkan peralatan masak berdekatan agar tak banyak noda yang bececer.

Baca juga: Gampang Dicoba, 4 Bahan Dapur untuk Mengusir Tikus dari Rumah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com