Kompas.com - 08/10/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi berjemur. SHUTTERSTOCKIlustrasi berjemur.

KOMPAS.com – Menggunakan sunscreen merupakan hal wajib dalam rutinitas perawatan kulit kita. Pasalnya, sunscreen alias tabir surya dapat mencegah tanda-tanda penuaan kulit yang diakibatkan paparan sinar matahari.

Di pasaran terdapat dua jenis sunscreen, yaitu fisik dan kimia. Namun, apa bedanya?

Tabir surya fisik

Berbeda dengan tabir surya kimia, tabir surya fisik biasanya menempel di kulit dan memantulkan kembali sinar matahari.

Sunscreen yang dibentuk dari berbagai partikel halus mineral, seperti seng oksida dan titanium dioksida ini biasanya memiliki warna krem dan sering meninggalkan jejak putih pada kulit.

Keuntungan memakai tabir surya jenis ini adalah konsistensinya yang pekat, sehingga kehadirannya lebih mudah dideteksi, membuat kita tahu kapan waktu yang tepat untuk mengaplikasikannya kembali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Sunscreen yang Wajib Kamu Ketahui

Sayangnya, teksturnya itu membuat tabir surya fisik berpotensi menjadi penyebab iritasi bagi beberapa orang, dan kemungkinan tidak akan cocok bagi pemilik kulit acne prone atau beminyak.

Selain itu, banyak yang menyakini bahwa tabir surya fisik kurang efektif dalam melawan radiasi UVA jika dibandingkan dengan tabir surya kimia.

Tabir surya kimia

Mayoritas tabir surya yang direkomendasikan oleh dokter kulit dan biasa kita temukan di pasaran adalah sunscreen kimia. Nah, jenis tabir surya ini menyerap sinar UV, mengubahnya menjadi panas, lalu melepaskannya dari tubuh.

Tabir surya kimia juga memiliki tekstur yang mirip dengan gel dan memiliki berbagai kandungan aktif, seperti avobenzone, octinoxate, dan oxybenzone.

Baca juga: Sudah Pakai Foundation dengan SPF, Perlukah Tabir Surya?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.