Kompas.com - 14/10/2021, 18:14 WIB
Kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah yang dilaksanakan di masa PPKM level 2 di Kabupaten Canjur, Jawa Barat, Jumat (10/9/2021). KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMANKegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah yang dilaksanakan di masa PPKM level 2 di Kabupaten Canjur, Jawa Barat, Jumat (10/9/2021).

KOMPAS.com - Kasus Covid-19 yang perlahan-lahan terkendali membuat pemerintah mulai menerapkan kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di sejumlah daerah.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menjelaskan, PTM terbatas bukan sekadar upaya mengatasi ketertinggalan pembelajaran secara akademik.

Kebijakan pembukaan sekolah ini juga untuk menyelamatkan siswa dari tekanan psikis karena merasa kesepian atau ketegangan dengan orangtua akibat belajar dari rumah yang sudah berlangsung lama.

Meski demikian, kebijakan tersebut mengundang kekhawatiran dari para orangtua, mengingat anak berusia di bawah 12 tahun belum bisa menerima vaksin Covid-19 untuk meningkatkan imunitas.

Baca juga: Prokes Ketat, Kunci Keamanan Pembelajaran Tatap Muka

Dokter spesialis anak dr Melanie Yudiana Iskandar memaparkan, imunitas anak yang berusia di bawah 12 tahun bisa dijaga dengan cara lain kendati anak belum bisa divaksin.

"Vaksin Covid-19 yang ada sekarang ini emergency use, jadi agak berisiko jika diberikan kepada anak 12 tahun ke bawah," papar Melanie dalam Media Gathering yang diadakan virtual pada Kamis (14/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tetapi bukan berarti imun anak tidak bisa dijaga dengan cara lain selain vaksin. Yang penting prokesnya kita jalani dengan benar."

Karena itu, Melanie melanjutkan, penting bagi orangtua untuk mempersiapkan anak yang akan mengikuti pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kebiasaan akan terbentuk apabila sering dikerjakan, dimulai dari rumah. Biasakan anak untuk pakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak," jelas Melanie.

Baca juga: 4 Hal yang Dipersiapkan Orangtua Saat Anak Sekolah Tatap Muka

Ia menggarisbawahi praktik menjaga jarak tidak mudah dilakukan oleh anak, apalagi jika anak sudah bertemu temannya di sekolah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.