Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Osteoporosis dengan Bergerak Aktif 30 Menit Sehari

Kompas.com - 02/11/2021, 20:51 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Gaya hidup kurang bergerak seperti yang dijalani banyak orang di masa pandemi dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Tidak cuma membuat berat badan bertambah, tetapi juga rentan terkena osteoporosis.

WHO memperkirakan, osteoporosis atau penyakit tulang keropos ini diperkirakan di diderita lebih dari 200 juta orang di seluruh dunia.

Faktanya, satu dari tiga perempuan dan satu dari lima lelaki berusia di atas 50 tahun di Indonesia berisiko terkena osteoporosis atau penyakit tulang keropos.

Tak heran jika Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mencanangkan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis pada akhir Oktober 2021.

“Kita tahu, osteoporosis tidak saja menyasar satu dari tiga wanita di Indonesia, tetapi kaum laki-laki juga sudah banyak terkena dampak penyakit keropos tulang ini. Untuk itu edukasi tentang pencegahan osteoporosis harus dilakukan intensif dan masif,” kata Ma’ruf Amin.

Baca juga: Hati-hati, Kafein Berlebih Dapat Tingkatkan Risiko Osteoporosis

Tulang yang keropos hingga patah dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Padahal, kondisi ini dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat sejak dini, seperti bergerak aktif minimal 30 menit setiap hari dan mengasup makanan sumber kalsium.

Ketua umum Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia Anita A.Hutagalung menjelaskan, gerakan melawan osteoporosis tidak hanya akan berhenti pada peringatan Hari Osteporosis pada 20 Oktober saja, tetapi akan terus bergulir ke seluruh lapisan masyarakat.

Salah satu kegiatan yang akan dilakukan adalah memperkenalkan Osteodance yang menyasar anak-anak muda sebagai tindakan pencegahan untuk melindungi kesehatan tulang.

Business Unit Coordinator Adult Nutrition Kalbe Nutritionals, Boy Sinaga mengatakan, Entrasol juga memperkenalkan kampanye gerakan 30 Minutes Every Day untuk mengajak masyarakat bergerak aktif untuk melawan osteoporosis.

“Dengan bertambahnya usia, gejala faktor usia bisa semakin terasa seperti badan pegal, cepat lelah, tulang dan sendi mulai kaku, serta berkurangnya kepadatan tulang. Maka dari itu, ayo kita dukung Indonesia Lawan Osteoporosis,” kata Boy.

Baca juga: Penyebab dan Gejala Umum Tubuh Kekurangan Kalsium

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com