Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditelantarkan Selama 8 Tahun, Anjing di China Dilelang Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 08/11/2021, 13:47 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber SCMP

KOMPAS.com - Seekor anjing ras shiba inu di Beijing telah dilelang secara online setelah ditelantarkan selama delapan tahun lamanya.

Anjing jantan bernama Deng Deng itu ditinggalkan pemiliknya di tempat penitipan anjing pada 2014. Pemiliknya tidak dapat dihubungi dan gagal membayar biaya pemeliharaan selama bertahun-tahun.

Untuk mengatasi masalah ini, Pengadilan Distrik Chaoyang di China bagian utara lalu memutuskan hewan itu harus dilelang. 

Tadinya, Deng Deng akan ditawarkan dalam proses lelang yang berjalan selama 24 jam dengan harga pembukaan mulai dari 78 dollar Amerika Serikat atau Rp 1,1 juta.

Namun tak disangka, minat publik pada anjing itu sangat besar sehingga pelelangan mendapatkan penambahan waktu hingga lima jam. Lelang dilakukan secara streaming melalui situs lokal taobao.com yang diikuti hingga 480 orang penawar.

Baca juga: 3 Trik Mengajarkan Perintah Dasar pada Anjing

Selain itu, harganya juga melonjak tinggi sehingga Deng Deng akhirnya dibawa pulang oleh pemilik barunya dengan harga 25.500 dollar Amerika Serikat setara dengan Rp 363 juta.

Tidak diketahui jelas soal identitas pemilik baru hewan menggemaskan itu.

Namun, banyak yang menyatakan rasa senangnya karena Deng Deng akhirnya mendapatan rumah baru dan tidak lagi hidup kesepian. Peristiwa ini memang telah menyedot perhatian publik di China, termasuk di media sosialnya.

“Saya berharap itu akan bahagia selamanya. Saya harap pemilik barunya menyukainya, ” tulis salah satu warganet di Weibo, media sosial lokal China.

Adapun pemilik barunya tidak perlu membayar tunggakan atas perawatan Deng Deng selama ini. Orang tersebut hanya perlu menjemput anjingnya di Beijing untuk dibawa pulang dan dirawat dengan baik. 

Namun, pusat pemeliharaan hewan yang ditinggali Deng Deng sebelumnya akan melakukan kunjungan secara berkala di rumah barunya. Tujuannya untuk memeriksa kehidupan baru dan kesejahteraan anjing tersebut.

Baca juga: Miley Cyrus Adopsi Seekor Pit Bull Setelah Kematian Anjing Kesayangannya

Pernah gagal dilelang

Anjing setinggi 40 sentimeter itu sebelumnya dimiliki oleh warga negara China bermarga Xiao. Ia menitipkan hewan peliharaannya pada 2014 dengan membayar biaya pemeliharaan selama satu tahun.

Namun, setelah itu, tak ada kabar apa pun soal pemiliknya termasuk perpanjangan biaya yang dibutuhkan.

Pengadilan setempat sampai harus mengeluarkan surat perintah agar Xiao mengambil anjingnya dan membayar biaya terutang pada 2017. Namun, tak ada respons apa pun untuk perintah dari pengadilan ini sehingga Deng Deng tadinya akan dilelang pada Oktober 2018.

Sesaat sebelum pelelangan, yang menarik perhatian media luas pada saat itu, Xiao menelepon pengadilan dari luar negeri. Ia mengakui kesalahannya dan berjanji untuk membayar utangnya sehigga pelelangan kemudian dibatalkan.

Meskipun akhirnya membayar utang, ia tak juga mengambil anjing dan kembali menghilang.

Akan tetapi, setelah dia melunasi utangnya ke pusat, dia masih tidak datang untuk mengambil anjing itu dan menghilang lagi.

Setelah tertunda sekian lama, Deng Deng akhirnya mendapatkan rumah yang baru dan pemilik yang lebih menyayanginya.

Baca juga: Kenalan Sama Shiba Inu, Anjing Asli Jepang yang Jadi Lambang Dogecoin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com