Kompas.com - 08/11/2021, 19:16 WIB
Cara menghilangkan jerawat dalam semalam memang tidak ada. Namun, kita bisa mencoba meredakannya dalam semalam. FREEPIKCara menghilangkan jerawat dalam semalam memang tidak ada. Namun, kita bisa mencoba meredakannya dalam semalam.

KOMPAS.com - Jerawat mungkin menjadi salah satu masalah umum yang kerap kali terjadi pada kulit kita. Namun, jerawat ternyata memiliki berbagai jenisnya.

Untuk memahami dan bisa merawat kulit berjerawat dengan tepat, kita perlu memahami berbagai jenis jerawat, serta penyebabnya terlebih dulu.

Dokter kulit dan pendiri Entière Dermatology, Melissa Kanchanapoomi Levin, MD memberikan penjelasannya.

Dia mengatakan, jerawat terjadi ketika ada kelainan pada folikel rambut (pori-pori) dan kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) yang menempel pada pori-pori.

Dia mengungkapkan, jenis kulit yang rentan berjerawat memang memiliki lebih banyak sebum (minyak), yang menyebabkan sel-sel kulit mati tersumbat di pori-pori.

Baca juga: Berbagai Penyebab Munculnya Jerawat di Vagina, Bukan Hal Memalukan

"Campuran sel kulit mati dan sebum terperangkap di dalam pori-pori akan menciptakan lingkungan bebas oksigen," kata dia.

"Di mana, bakteri alami yang disebut P. Acnes yang berada di folikel rambut berkembang biak dengan sangat cepat, sehingga mengakibatkan peradangan dan timbulnya jerawat," sambung dia.

Sementara itu, dokter kulit, Deanne Mraz Robinson, MD menuturkan, peradangan jerawat ini ada bermacam-macam yakni papula, pustula, kista, dan nodul pada kulit.

Ada juga jerawat non-inflamasi yang dikenal sebagai komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead).

Nah, untuk mengetahui jenis-jenis jerawat yang kita miliki dan cara mengobatinya, simak penjelasan-penjelasan berikut ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.