Kompas.com - 21/10/2021, 11:29 WIB
Infeksi ragi bisa disebabkan karena masalah vagina gatal. Mengenakan pakaian sintetis yang ketat adalah penyebab umum selangkangan gatal karena masalah ini. SHUTTERSTOCKInfeksi ragi bisa disebabkan karena masalah vagina gatal. Mengenakan pakaian sintetis yang ketat adalah penyebab umum selangkangan gatal karena masalah ini.

KOMPAS.com - Jerawat bisa muncul di berbagai bagian tubuh kita, termasuk vagina. Kondisi ini bisa menyakitkan dan menganggu aktivitas sehari-hari, sekaligus memalukan untuk diakui.

Adanya benjolan kecil atau jerawat di area kewanitaan adalah hal yang sangat normal dan kerap dialami banyak orang. Namun kehadirannya tidak selalu menandakan hal yang berbahaya atau penyakit tertentu.

Christine Greves, ob-gyn di Winnie Palmer Hospital for Women and Babies di Orlando, Amerika Serikat mengatakan vagina, termasuk vulva, setiap orang berbeda termasuk tekstur dan tampilan seluruh areanya.

Karena itu, kemunculkan jerawat atau benjolan yang tidak biasa di vagina sebaiknya dikonsultasikan kepada dokyer. Tujuannya untuk memastikan keamanannya dan mencari tahu penyebabnya.

Berbagai penyebab jerawat di vagina

Dokter Greves mengatakan jerawat di vagina bisa terlihat seperti bisul, lecet, bintik, dan kutil. Kondisi ini juga bisa berupa adanya serangkaian benjolan kecil seperti ruam.

Warnanya juga bervariasi mulai dari merah, merah muda atau coklat tua, tergantung pada pigmen asli kulit kita. Jerawat tersebut bisa muncul di seluruh bagian vulva kita termasuk di bagian labia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada umumnya, ada sejumlah alasan yang menyebabkan munculnya jerawat di vagina. Penyebabnya ini bisa berkaitan dengan kondisi kesehatan, gaya hidup maupun kebiasaan yang kita lakukan.

Efek dari hair removal

Banyak wanita menghilangkan rambut kemaluannya demi alasan kenyamanan maupun kebersihan.

Namun metode yang dilakukan, baik mencukur, waxing atau dicabut dapat menyebabkan infeksi pada beberapa folikel rambut kecil di sekitar vulva sehingga terjadi jerawat atau benjolan.

Infeksi ini, yang dikenal sebagai folikulitis, memiliki sejumlah gejala termasuk luka bakar seperti ruam hingga bisul yang penuh nanah.

Halaman:


Sumber self.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.