Kompas.com - 11/11/2021, 11:41 WIB

KOMPAS.com – Tidur memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama bagi anak.

Sebab, tidur yang cukup dapat membuat proses belajar dan fokus anak meningkat. Bahkan, tubuh mereka juga akan lebih kuat.

Tak hanya itu, tidur yang cukup rupanya amat berpengaruh pada kebahagiaan anak.

Fakta tersebut dibuktikan oleh 2017 BTN Happiness Survey yang dilakukan oleh University of Melbourne dan program Behind the News TV dengan melibatkan 47.000 anak-anak asal Australia.

Dalam penelitian tersebut ditemukan, tidur merupakan indikator terbesar dari kebahagiaan, dengan laporan bahwa anak yang mendapatkan tidur cukup akan merasa bahagia di hampir setiap waktu.

"Hasil ini memberikan bukti kuat bahwa tidur adalah indikator kunci kesejahteraan anak."

Demikian penuturan Associate Professor Lisa Gibbs, Ketua Inisiatif Kehidupan Anak Universitas Melbourne, dalam sebuah wawancara dengan ABC News.

Nah, sebelum bertanya-tanya apakah anak kita mendapatkan jumlah tidur yang cukup bagi anak seusianya, penting untuk diingat bahwa anak-anak yang tidur nyenyak cenderung merasa aman dan terlindungi.

Baca juga: Sesuaikan Waktu Tidur Anak dengan Jam Tubuhnya

Dalam hasil survei tersebut, anak-anak yang merasa tidak aman empat kali lebih mungkin memiliki pola tidur atipikal atau tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit untuk kelompok usianya.

Lalu, sementara survei menunjukkan pentingnya meningkatkan kebiasaan tidur anak untuk kesejahteraan emosionanya, survei itu juga terus menyoroti peran perasaan aman dan tenteram pada kesejahteraan anak.

Halaman:
Sumber Motherly


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.