Kompas.com - 16/11/2021, 15:54 WIB
Salah satu koleksi sepatu Adidas yang terinspirasi dari budaya Wayang Kulit. DOK ADIDASSalah satu koleksi sepatu Adidas yang terinspirasi dari budaya Wayang Kulit.

KOMPAS.com - Desain salah satu koleksi sepatu UltraBOOST DNA City Pack adidas menjadi perbincangan di kalangan netizen Indonesia.

Hal ini dikarenakan salah satu desain sepatu City Pack menyebut bahwa wayang kulit adalah budaya Malaysia.

Wayang kulit pun menjadi inspirasi di balik desain sepatu karya desainer grafis dari Malaysia, Jaemy Choong.

"Wayang Kulit atau yang juga dikenal sebagai Shadow Puppetery, merupakan salah satu bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia."

"Untuk menghormati tradisi ini, Jaemy Choong, seorang desainer grafis dari Malaysia memadukan unsur Wayang Kulit dengan palet warna yang modern. CITY PACK dari Malaysia ini menghadirkan pendekatan "old-meets-new"," demikian keterangan tertulis adidas.

Akun media sosial adidas pun diserbu netizen Indonesia, salah satunya adalah akun Instagram @adidassg (adidas Singapura). Sebagian besar netizen Indonesia yang berkomentar menuliskan bahwa wayang kulit berasa dari Indonesia

Baca juga: Adidas Sebut Wayang Kulit Budaya Malaysia, Netizen Indonesia Geram

Adidas meminta maaf

ULTRABOOST DNA City Pack dengan desain dari Jaemy Choong.DOK ADIDAS ULTRABOOST DNA City Pack dengan desain dari Jaemy Choong.
Pihak adidas meminta maaf atas situasi yang memicu kegaduhan di kalangan netizen Indonesia.

Melalui surat elektronik, Brand Communications and Sports Marketing Manager PT adidas Indonesia, Gracia Putri mengatakan tidak ada kesengajaan dari pihaknya untuk memicu respons tersebut.

Pihak adidas pun telah mengubah unggahan asli tentang asal budaya wayang kulit, seperti yang saat ini bisa kita baca.

"Sebuah posting media sosial mengenai desain UltraBoost DNA City Pack yang memberi penghormatan kepada Wayang Kulit baru-baru ini menarik perhatian media sosial."

"Sejak itu kami telah mengubah posting asli mengenai asal-usul bentuk seni. Kami dengan tulus meminta maaf atas segala pelanggaran yang tidak disengaja yang mungkin telah dilakukan," tulis Putri.

Baca juga: Ramai Kasus Adidas, dari Mana Asal Wayang yang Sebenarnya?

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.