Kompas.com - 20/11/2021, 07:53 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Bercerita atau mencurahkan isi hati pada seseorang secara langsung mungkin masih menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan mental. Sayangnya, masa pandemi yang membatasi jarak dan gerak kita membuat hal ini sulit dilakukan.

Namun, tak perlu khawatir. Kita masih bisa “curhat” dan membantu teman-teman kita yang perlu mencurahkan isi hatinya dengan cara lain, seperti dengan curhat virtual sambil memberi stiker yang memberi kata-kata positif.

Ya, pada bulan Oktober lalu, bertepatan dengan International Mental Health Awareness Month (Bulan Kesadaran Kesehatan Mental Internasional), illustrator Martcellia Liunic merilis serangkaian stiker pack WhatsApp yang bertema kesehatan mental dengan gayanya sendiri, dengan pandemi sebagai salah satu inspirasinya.

“Semenjak pandemi, aku jadi semakin sering berkomunikasi menggunakan instant messaging, termasuk WhatsApp. Jadi ketika diajak untuk membuat stiker untuk WhatsApp, aku otomatis mengiyakan, karena bisa mengajak kita untuk memulai percakapan," ujar Martcellia pada Kompas.com saat diwawancarai melalui email pada Jumat (19/11/2021).

"Menanyakan bagaimana kabar teman atau keluarga kita, bisa dimulai dengan mengirimkan stiker ‘Apa Kabar?’ Jadi, walaupun terlihat hanya seperti pertanyaan sederhana, tetapi aku percaya ini dapat memberikan efek yang positif kepada orang lain,” lanjutnya.

Salah satu stiker buatan Martcellia Salah satu stiker buatan Martcellia
Martcellia juga membagikan sedikit pendapatnya soal kesehatan mental.

Menurutnya sekarang ini sudah cukup banyak yang lebih sadar pada kesehatan mentalnya sendiri, tidak seperti dulu, saat semua orang dipaksa terlihat baik-baik saja walau sedang dalam keadaan tak baik.

“Aku juga sedang belajar untuk lebih aware dengan perasaan dan kesehatan mental aku sehari-hari. Sejak bulan April tahun ini, aku sedang menjalani terapi kesehatan mental dan ini sangat membantu aku untuk stay sane di kehidupan sehari-hariku,” ujarnya.

Soal sticker pack barunya, Martcellia rupanya membuatnya dengan gaya khasnya, yaitu colorful doodle yang berwarna-warni.

Ia menambahkan menambahkan frase-frase pendek dan sederhana tetapi diharapkan mampu memberikan dampak yang positif kepada penerimanya seperti “Apa Kabar?”, “Kamu Kuat”, “Kamu Itu Penting”, “Ada Yang Bisa Aku Bantu?”, “Kamu Gak Sendiri”, “Makasih Udah Percaya”, dan masih banyak lagi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.