Kompas.com - 28/11/2021, 10:34 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Tentu kita sering mendengar bahwa apa yang kita makan dapat mempengaruhi kesehatan dan penampilan kita, termasuk wajah yang terlihat lebih muda dan segar.

Nah, baru-baru ini, beberapa peneliti menentukan beberapa makanan anti penuaan (anti-aging) terbaik.

Berikut hasilnya.

Dalam jurnal Science, tim peneliti dari University of Washington di Seattle dan Pennington Biomedical Research Center di Baton Rouge, California itu meninjau berbagai diet anti-aging, seperti pembatasan kalori, diet ketogenic, diet puasa, serta pembatasan asam amino dan protein.

Hasilnya, ditemukan bahwa deretan diet anti-aging tersebut efektif jika dihubungkan dengan tujuan manfaatnya.

Contohnya, Science menekankan bahwa pengurangan asupan kalori tanpa sampai harus kekurangan gizi merupakan cara perpanjangan umur tertua yang diketahui.

Penelitian modern juga menegaskan manfaat pembatasan kalori terkait peningkatan rentang hidup dan penurunan risiko penyakit yang berkaitan dengan usia dan "penurunan fungsional."

Baca juga: Ubah Pola Makan, Langkah Kecil demi Hidup Sehat dan Panjang Umur

"Mempertahankan nutrisi yang baik saja bisa efektif dalam menunda proses penuaan. Namun, ketika bicara soal diet anti-aging tertentu, yang paling banyak diteliti adalah pembatasan kalori," ujar Melissa Mitri, MS, RD, dari Wellness Verge.

Di sisi lain, Mitri mengungkapkan bahwa diet berlebihan bukanlah cara yang baik karena tubuh tetap perlu mengkonsumsi cukup kalori untuk bahan bakar tubuh dan memberikan energi.

"Secara umum, menjaga berat badan yang sehat dan tidak berlebihan adalah cara terbaik untuk melakukannya,” kata dia.

Baca juga: Cara Makan Orang-orang yang Panjang Umur agar Tetap Sehat di Hari Tua

Terkait makanan yang memiliki sifat anti-aging, Mitri menyarankan untuk mengonsumsi paprika merah, beri, brokoli, sayuran hijau, kacang-kacangan, alpukat, ubi jalar, dan delima.

Lalu di luar diet, Mitri menyarankan agar kita terus berolahraga teratur.

"Olahraga teratur, baik fisik maupun mental, membantu awet muda. Mengurangi tingkat stres dan mempertahankan hubungan sosial juga membantu mendukung penuaan yang sehat,” pungkasnya.

Baca juga: 7 Makanan yang Dipercaya Bisa Mencegah Penuaan Dini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.