Kompas.com - 06/12/2021, 16:47 WIB
Ilustrasi anak menangis. ShutterstockIlustrasi anak menangis.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Membesarkan anak laki-laki menjadi pria dewasa yang matang secara emosional membutuhkan banyak usaha dari para orangtua.

Apalagi, tekanan dari lingkungan sosial dan masyarakat yang cenderung menerapkan konsep maskulinitas toksik dapat membuat anak laki-laki kesulitan menunjukkan perasaan mereka.

Maka, tak heran jika anak laki-laki sering mendapat komentar bahwa mereka harus selalu kuat dan tidak boleh menangis karena itu dianggap lemah.

Alhasil, komentar-komentar tersebut pun membuat anak laki-laki menjadi tidak bisa mengungkapkan emosi seiring bertambahnya usia karena mereka tidak memiliki kata-kata untuk mengekspresikan diri dengan benar.

Karena itu, orangtua harus mengetahui beberapa cara yang tidak terlalu memaksa untuk mengajarkan anak laki-laki bagaimana mengekspresikan emosi mereka.

Baca juga: Toxic Masculinity dan Dampaknya bagi Kesehatan Mental Laki-laki

Nah, melansir dari laman Moms, berikut adalah lima tips yang dapat dilakukan para orangtua dalam mengajarkan anak laki-laki untuk dapat mengekspresikan emosinya dengan tepat.

1. Ajari anak mengenal nama-nama emosinya

Sering kali, karena anak laki-laki didorong untuk tidak menunjukkan emosinya, mereka tidak dapat mengetahui apa yang mereka rasakan.

Oleh sebab itu, orangtua perlu mengajari anak laki-laki mengenal emosi yang mereka alami ketika mereka masih muda, sehingga seiring bertambahnya usia mereka bisa memiliki kosakata emosional untuk diambil.

Menurut TulsaKids, anak-anak harus diberi penjelasan tentang perasaan mereka sesegera mungkin.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.