Kompas.com - 09/12/2021, 10:07 WIB
Billie Eilish Jeff Kravitz VIA VOGUE TEENBillie Eilish

KOMPAS.com - "Eilish" dan "Omicron" masuk dalam daftar kata-kata yang paling sering salah diucapkan selama tahun 2021 di Inggris.

Nama belakang penyanyi Billie Eilish dan mutasi baru Covid-19 ini termasuk paling sulit dilafalkan berdasarkan riset US Captioning Company. Perusahaan ini merupakan penyedia teks untuk berbagai acara live di TV dan persidangan di negara tersebut.

Survei ini mengidentifikasi mana kata-kata dan nama yang paling rumit bagi pembaca berita dan orang-orang di televisi Inggris untuk diucapkan selama tahun ini.

Omicron memang menjadi istilah yang baru dan masih sulit dilafalkan oleh banyak orang. Istilah ini seharusnya diucapkan "OH-mee-kraan" atau "AH-muh-kraan" dalam bahasa Inggris.

Baca juga: Asal-usul Nama Omicron dan Maknanya dalam Bahasa Yunani

Kebanyakan pembaca berita di Inggris juga sering salah mengucapkan nama Eilish, yang merupakan salah satu penyanyi terpopuler saat ini. Nama belakang pelantun lagu Happier Thann Ever ini seharusnya dilafalkan seperti "EYE-lish".

Selain itu, kata yang juga paling sering salah diucapkan adalah Ever Given, nama kapal yang viral karena memblokade Terusan Suez; dan Dogecoin, cryptocurrency yang dipopulerkan oleh Elon Musk. 

Ever Given sering salah dilafalkan karena disalahartikan sebagai Evergreen yang merupakan nama perusahaan pemilik kapal yang namanya tertera di sisinya.

Esteban Touma, seorang guru Babbel Live, aplikasi pembelajaran bahasa di Inggris menilai kesalahan pengucapan itu disebabkan berbagai kata tersebut bukan berasal dari bahasa Inggris.

Baca juga: Seperti Elon Musk, Kenali Ciri-ciri Pasangan yang Workaholic

"Sebagai seorang guru bahasa itu selalu menarik untuk melihat bahwa beberapa istilah ini biasanya bahasa sehari-hari yang baru, atau berakar atau dipinjam dari bahasa lain," katanya.

Tahun 2020, nama belakang pakar kesehatan AS, Anthony Fauci dan nama depan wakil presiden negara tersebut, Kamala Harris, merupakan yang paling sering salah dilafalkan di Inggris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.