Kompas.com - 26/12/2021, 08:15 WIB

KOMPAS.com - Jika kita sering merasa kesal dan jengkel, namun tidak mengetahui alasan di balik hal itu, tidak perlu panik.

Kemungkinan, perasaan kesal dan jengkel itu ada kaitannya dengan apa yang kita makan sehari-hari.

Berdasarkan sebuah penelitian, terungkap makanan yang dikonsumsi tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik, melainkan juga mental.

Baca juga: Ketahui, 5 Makanan Populer yang Tinggi Lemak Sehat

Makanan dan minuman tertentu bisa memberikan energi, sedangkan jenis lainnya justru membuat kita lesu, muram, dan marah.

Satu jenis makanan yang bisa memicu perasaan marah dan stres, tidak lain adalah makanan dengan kandungan lemak trans yang tinggi.

Studi yang dimuat dalam jurnal PLOS One melihat kaitan antara konsumsi asam lemak trans dengan perilaku buruk dan agresi.

Dalam studi tersebut, peneliti menilai pola makan dan perilaku sebanyak 945 pria dan wanita dewasa.

Berbagai faktor lain juga diperhatikan seperti jenis kelamin, usia, latar belakang pendidikan, kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol setiap peserta.

Disimpulkan, ada hubungan yang jelas antara konsumsi lemak trans dan peningkatan perilaku agresif.

Mengurangi sumber lemak trans, seperti makanan yang digoreng, dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan jantung.Dok. Shutterstock/Nur El Imany Mengurangi sumber lemak trans, seperti makanan yang digoreng, dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan jantung.

Lemak trans dianggap sebagai lemak yang paling berbahaya sebab dapat berdampak negatif terhadap kadar kolesterol di dalam tubuh.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.