Kompas.com - 27/12/2021, 09:58 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kita semua pasti akan bertambah tua dan seiring dengan itu ada berbagai macam konsekuensi yang harus kita terima seperti munculnya penyakit, tanda-tanda penuaan, dan sebagainya.

Sayangnya, dengan gaya hidup yang buruk dan tidak sehat, penuaan bisa datang semakin cepat dan dapat mengganggu kita secara fisik maupun mental.

Nah, untuk menghindarinya, simak beberapa gaya hidup buruk yang dapat mempercepat penuaan, seperti berikut ini.

1. Terlalu banyak menonton TV

Tidak ada yang salah dengan sesekali menghabiskan malam untuk menonton TV. Namun, jangan biarkan kebiasaan ini dilakukan secara berlebihan.

Sebuah penelitian menarik dari American Heart Association menemukan bahwa terlalu banyak waktu menonton TV bagi orang dengan usia paruh baya dapat menurunkan fungsi kognitif dan hilangnya keterampilan berpikir di kemudian hari.

Penelitian tersebut juga menunjukkan, banyak menonton TV dikaitkan dengan volume materi abu-abu yang lebih rendah di otak.

Materi abu-abu di otak sendiri bertanggung jawab atas sejumlah proses saraf penting seperti pengambilan keputusan.

"Temuan kami menunjukkan bahwa jumlah menonton TV dengan perilaku menetap dapat menyebabkan penurunan kognitif dan penanda pencitraan kesehatan otak," terang ahli saraf di Columbia University Irving Medical Center, Dr Priya Palta.

"Oleh karena itu, mengurangi perilaku menetap seperti menonton TV mungkin menjadi target modifikasi gaya hidup yang penting untuk mendukung kesehatan otak yang optimal," ujar dia.

Baca juga: 10 Kebiasaan Buruk yang Picu Penuaan Dini

2. Tidak banyak bergerak

Terlalu sering bersantai dan kurang bergerak juga dapat membuat penuaan datang lebih cepat dari yang seharusnya, baik secara fisik maupun mental.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.