Kompas.com - 28/12/2021, 06:27 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apakah kamu sering menyantap telur di pagi hari? Memang, telur merupakan salah satu makanan bergizi yang digemari banyak orang.

Selain terdapat pada beragam masakan, telur disukai karena mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Meski begitu, konsumsi telur secara berlebihan bisa memicu penyakit diabetes, menurut satu studi terbaru.

Studi ini dilakukan pada 1991-2009 oleh peneliti di University of South Australia, bekerja sama dengan China Medical University dan Qatar University.

Adapun peserta yang dilibatkan terdiri dari 8.545 orang dewasa berusia rata-rata 50 tahun. Mereka berpartisipasi dalam China Health and Nutrition Survey.

Dari studi tersebut, terungkap peserta yang mengonsumsi satu butir telur atau lebih per hari berisiko terkena diabetes hingga 60 persen.

Efek dari konsumsi telur ini lebih terlihat pada wanita ketimbang pria.

Sebagai catatan, studi ini merupakan studi pertama yang meneliti konsumsi telur pada sampel besar orang dewasa di China.

Baca juga: Kenali, Efek Samping dari Kebanyakan Makan Telur

Ahli epidemiologi dan ahli kesehatan masyarakat Ming Li mengatakan, peningkatan risiko diabetes adalah kekhawatiran yang berkembang saat ini.

"Diet adalah faktor yang diketahui dan dapat dimodifikasi yang berkontribusi terhadap penyakit diabetes tipe 2," jelasnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.