Kompas.com - 15/01/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak makanan yang dikabarkan dapat mencegah infeksi Covid-19. Misalnya saja, beberapa makanan peningkat imun, seperti yoghurt, buah-buahan, atau kerang.

Nah, baru-baru ini, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nature Products menemukan, ada senyawa hemp yang dapat mencegah virus yang menyebabkan Covid-19 menembus sel manusia yang sehat.

Dua senyawa dalam hemp (ganja rami) tersebut merupakan asam cannabigerolic, atau CBGA, serta asam cannabidiolic atau CBDA.

Baca juga: Comme des Garcons Bikin Wewangian Berbau Ganja

Rami adalah berbagai tanaman cannabis dan berasal dari spesies cannabis sativa L. Tanaman ini mirip dengan ganja, dengan perbedaan yang signifikan.

Rami populer karena tingkat tetrahydrocannabinol (THC) yang rendah pada tanaman, yang membuatnya tidak berguna sebagai obat psikoaktif.

Level TCH yang rendah tidak memungkinkan seseorang menjadi mabuk. Namun, beberapa strain dapat diubah secara ilmiah untuk menghasilkan tingkat TCH yang lebih tinggi.

Menurut peneliti dari Oregon State University, kedua kandungan dalam hemp tersebut diduga memiliki memiliki potensi untuk memerangi virus corona setelah dilakukan upaya penyaringan kimia.

Dalam studi tersebut, para peneliti mengikat protein spike yang ditemukan pada virus Covid-19 dan memblokade langkah yang digunakan patogen untuk menginfeksi manusia.

Baca juga: Ternyata, Penggunaan Ganja Bisa Picu Serangan Jantung

Setelah itu, para peneliti menguji efek senyawa terhadap varian alfa dan beta virus di laboratorium.

Kendati demikian, studi ini tidak melibatkan pemberian suplemen kepada orang-orang atau membandingkan tingkat infeksi pada mereka yang menggunakan senyawa tersebut dengan mereka yang tidak.

Halaman:
Sumber Bloomberg


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.