Kompas.com - 22/01/2022, 10:54 WIB

KOMPAS.com - Virgil Abloh memang telah tiada. Namun, karya mantan Direktur Artistik Louis Vuitton dan pendiri Off-White itu tetap mentereng di jagat fesyen.

Sebelum meninggal di usia 41 tahun, dia diketahui sempat merancang koleksi pria Louis Vuitton untuk Musim Gugur/ Dingin yang sudah selesai 95 persen.

Sayangnya, Abloh pergi lebih dulu dan rancangan itu menjadi karya terakhirnya bagi rumah mode asal Prancis tersebut.

Untuk menghormati karya-karya Abloh, Louis Vuitton menampilkan koleksi terakhirnya dalam Paris Fashion Week pada Kamis (20/1/2022).

Karya Abloh dipamerkan dengan latar surealis yang menampilkan rumah berwarna biru dan atap merah, sementara model yang menampilkan koleksinya berjalan di depan.

Di akhir acara, penonton berdiri untuk menghormati sosok Abloh. Namun, koleksi Louis Vuitton untuk Musim Gugur/ Dingin justru mengundang pertanyaan.

Pasalnya, beberapa orang menilai koleks terakhir Abloh terinspirasi dari sosok pelukis surealis asal Spanyol, Salvador Dali. Apakah benar demikian?

Abloh mengagumi Dali

Koleksi terakhir Virgil Abloh untuk Musim Gugur/ Dingin 2022 dinilai terinspirasi dari pelukis surealis asal Spanyol, Salvador Dali.Louis Vuitton Koleksi terakhir Virgil Abloh untuk Musim Gugur/ Dingin 2022 dinilai terinspirasi dari pelukis surealis asal Spanyol, Salvador Dali.
Louis Vuitton di akun Instagram resminya telah memamerkan koleksi Abloh melalui serangkaian foto yang tampaknya terinspirasi oleh Dalí.

Abloh memang dikenal sebagai penggemar artis asal Negeri Matador tersebut, setelah dia menampilkan gambar jam yang meleleh pada hoodie buatan Off-White.

Dia juga terinspirasi dari karya kontemporer Dali, Rene Magritte, yang lukisannya dipenuhi awan dan direferensikan secara langsung dalam peragaan busana pria Louis Vuitton Musim Gugur/ Dingin 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.